“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

Usaha Sablon Kaos Digital

Usaha Sablon Kaos Digital

Ide bisnis kali ini mungkin sudah umum tetapi masih sangat mungkin untuk dikembangkan. Bisnis yang dimaksud adalah berjualan t-shirt dengan design custom (desain tersendiri yang eksklusif).

Trend T-Shirt atau kaos tanpa kerah selalu ada sepanjang zaman, ditambah lagi kegemaran atau trend dewasa ini dimana masyarakat terutama anak-anak muda menyukai desain yang eksklusif sehingga apa yang mereka pakai tidak pasaran. Nah, biasanya anak-anak muda yang menginginkan desain eksklusif biasanya lari ke distro (distribution outlet) yang menawarkan aneka jenis T-Shirt eksklusif dengan beragam warna, desain dengan gambar tokoh kartun lucu, band idola dan gambar-gambar lainnya.

Jika ditilik, peluang usaha dalam bidang ini persaingannya cukup sengit namun bila Anda berjiwa seni tinggi dan mampu menawarkan desain yang terbaik, serta tak lupa berpromosi dengan gencar, mungkin saja produk Anda akan laris manis terjual.

Sebetulnya modal untuk memulai bisnis ini tidak begitu besar. Dengan modal dibawah Rp. 7 juta, saya menemukan beberapa supplier yang menawarkan paket usaha lengkap terdiri dari 1 unit Mesin Hot Press, 1 Unit Printer sistem infus, Tinta Sublime, Inkjet Paper dan 1 lusin kaos polyester. Saya kira paket itu lengkap dengan petunjuk penggunaan bagaimana menyablon kaos. Kelebihan dari sablon digital adalah proses yang sangat cepat tanpa berurusan dengan alat sablon manual.

Paling utama, bisnis ini membutuhkan kreatifitas tinggi dan kemampuan mengolah desain grafis, paling minimal anda menguasai Photoshop. Ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu penggunaan photoshop untuk keperluan desain.

Dewasa ini disain mudah ditiru, tetapi anda tak usah khawatir, bila anda selalu muncul dengan ide desain yang segar, mungkin saja penjualan t-shirt anda laris manis. Baca pula trend terkini di kalangan anak muda, apakah publik sedang menyukai tokoh kartun tertentu atau seleb tertentu, kenapa tidak Anda yang buat desain kaosnya, siapa tahu anda bisa menumpang trend yang sedang in.

Hal lain yang perlu dipikirkan adalah strategi pemasaran, bisa saja anda menawarkan produk pada teman dan kerabat, membuka toko sendiri, atau kalau tidak cukup modal bisa merambah dunia maya dengan membuat web store.

Kekurangan usaha ini, sablon digital kurang cocok pada bahan katun karena warnanya kadang-kadang warnanya kurang kontras. Bisa saja anda kombinasikan dengan sablon manual untuk menghasilkan desain kaos yang bagus dan terutama enak dipakai.

Era Digital Kaus Sablon

SEBUAH printer baru yang kemudian dimodifikasi disertai tinta khusus menjadi modal utama membentuk usaha sablon digital sederhana di Jakarta.

Tidak hanya kamera yang masuk era digital, sablon merupakan salah satu produk sampingan era digital. Digitalisasi sablon membuat banyak waktu yang bisa dihemat, dan kualitas produk yang bisa ditingkatkan.

Apa yang membedakan sablon digital dengan sablon biasa? Pada sablon biasa, sulit bagi kita membayangkan harga pemesanan 50 buah kaus dengan 50 gambar yang berbeda. Harganya tentu sangat mahal, karena masing-masing gambar membutuhkan screen sablon terpisah. Bagi produk sablon digital, prinsip kerja sablon yang diubah menjadikannya cukup bersaing dengan harga pasar, di samping kualitasnya yang sangat baik.

Bagi Anda yang masih berada di bangku SD dan SMP pada tahun 1960-an dan 1970-an, pasti terkenang pemusik yang beken pada saat itu.

Wajah Alice Cooper, John Lennon, dan grup Deep Purple tak asing bagi kita. Gambar wajah mereka pun bisa kita cetak di atas T-shirt menggunakan setrika panas. Kualitas sablon setrika pada masa itu masih pas-pasan, tetapi cukup lumayan buat bergaya dengan wajah pemusik idola.

Generasi Kini

Generasi sablon setrika sekarang menggunakan tinta khusus yang didatangkan dari luar negeri. Dengan tinta seharga Rp 450.000,00 kita dapat membuat sebanyak 100 kaus dengan gambar sablon yang berlainan.

Proses pembuatannya juga sederhana, yaitu menggunakan tinta khusus, sebuah printer inkjet yang dimodifikasi, serta mesin pres. Hanya dengan tiga alat inilah, sablon digital sudah bisa dicetak pada kaus.

Gambar atau foto yang kita ambil dengan kamera digital, kemudian disempurnakan pada layar komputer. Hasil pekerjaan di layar komputer kemudian dicetak pada kertas HVS biasa.

Tidak seperti cara konvensional, kita tak lagi menggunakan screen. Hasil gambar yang kita lihat di layar komputer secara utuh tercetak menggunakan printer modifikasi.

Dalam hal ini, kertas hanya menjadi media pemindah, karena kualitas tinta yang memegang peranan. Dan pada saat gambar selesai dicetak di atas kertas, kertas tersebut kemudian bisa dipindahkan ke atas kaus dan ditekan menggunakan mesin pres sederhana. Hasilnya menggembirakan, gambar warna yang kita saksikan di kertas pindah secara utuh ke atas kaos dengan resolusi tinggi.

Tidak seperti sablon biasa yang membutuhkan waktu lumayan lama untuk proses pengeringan, proses pengeringan pada sablon digital hanya 30 detik.
Dengan teknik ini, tentu saja tak hanya kaus yang bisa kita cetak dengan gambar kesukaan kita. Penghematan bisa dilakukan jika media yang digunakan bertekstur, seperti tas anak sekolah. Dengan tekstur seperti itu, penggunaan tinta bisa dihemat, sehingga hasil akhir bisa lebih banyak. Namun hasil gambar tidak terpengaruh, karena tercetak di atas media bertekstur.

Ada Beberapa Cara Untuk Sablon Digital Sparasi Pada Kaos

Cara pertama adalah menggunakan transfer paper. Kertas ini dapat dengan mudah diperoleh di toko buku. Anda hanya perlu menyiapkan kaos yg akan disablon dan alat pemanas/strikaan. Pertama-tama print gambar yg akan disablon pd transfer paper, utk kaos putih print mirror dan utk kaos warna/gelap print biasa saja. Setelah gambar selesai diprint pada transfer paper, letakkan gambar pada kaos, lalu dipress, bisa menggunakan strikaan. Kaos selesai disablon. Cara ini sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah dengan alat yg sederhana. Gambar yg dihasilkan sangat terang. Namun cara ini juga mempunyai kekurangan, yaitu hasil sablon tdk bertahan lama dan mudah retak/pecah/lepas.

Cara kedua, menggunakan mesin press sablon. Untuk ini perlu juga menyiapkan printer dengan tinta sublim. Gambar yg akan disablon, diprinter menggunakan printer tsb secara mirror (terbalik). Letakkan gambar pada kaos yg akan disablon, lalu dipress menggunakan mesin press kaos. Sablon gambar yg dihasilkan akan lebih awet/tdk akan pecah, karena tinta sublim akan menyerap ke dlm serat kain. Cara ini akan berhasil dgn baik jika kaos yg disablon terbuat dari bahan TC, PE atau hidget. Kaos katun juga dapat dipress/sablon digital menggunakan cara ini, namun sebelum dipress kaos katun terlebih dahulu harus dicoating menggunakan cairan khusus, agar tinta sublim dapat menyerap ke dlm kaos. Cara meng-coating kaos katun akan dibahas pada catatan selanjutnya.

Sablon sparasi menggunakan transfer paper biasanya menghasilkan warna gambar yg sangat terang. Namun, hasil tempelannya kurang tahan lama, mudah retak dan pecah. Agar hasil tempelan bisa lebih tahan lama maka diperlukan perawatan khusus, seperti pencucian tdk bisa dikucek/disikat dan pada saat distrika harus dibalik.

Transfer paper biasanya banyak digunakan untuk kaos yg bahannya katun. Utk bahan selain katun, seperti Polyester, TC, Hidget, tdk perlu menggunakan transfer paper. Alat dan bahan yg diperlukan adalah sebagai berikut:

1. Kaos berbahan Polyester (PE), TC atau Hidget

2. Printer dengan sistem tinta sublim (tdk bisa dengan sistem tinta biasa)

3. Kertas HVS atau Inkjet paper

3. Mesin press kaos

Langkah-langkahnya adalah:

1. design gambar yg siap cetak diprint mirror (terbalik) pada kertas HVS atau Inkjet

2. Siapkan kaos yg akan disablon.

3. Set mesin press kaos pada suhu 330-350 derajat dgn waktu 60 detik

4. Letakkan gambar diatas kaos

5. Press kaos ketika mesin mencapai suhu 330 derajat. Tunggu hingga proses press selesai

Hasil sablon untuk bahan2 di atas akan sangat awet. Karena tinta sublim akan meresap ke dlm serat kain, sehingga dapat dihindari resiko sablon pecah/retak/lepas.

Namun untuk bahan katun cara ini tdk dpt digunakan. Sablon digital sistem tinta sublim untuk kaos katun akan dijelaskan pada catatan selanjutnya

Usaha Sablon Digital

jenis usaha yang memiliki target pasar yang masih sangat luas. Target pasar usaha ini meliputi perseorangan sampai perusahaan besar. Bisa dikatakan bahwa jenis usaha ini tidak akan sepi karena bagi mereka yang membutuhkan jasa usaha ini tetap membutuhkan promosi untuk kemajuan perusahaan mereka dalam menarik pelanggan.

Biasanya usaha sablon digital ini paling ramai dicari pada saat musim Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) atau pemilihan anggota legislatif. Pangsa pasar ini biasanya butuh souvenir untuk menunjang promosi pemilihan mereka.

Disinilah peran kreativitas Anda sebagai pemilik usaha ini dituntut lebih dalam memproduksi souvenir yang unik dan kreatif. Keuntungan pun bisa berlipat ganda karena pesanan yang datang dalam partai / jumlah besar.

Usaha Sablon Digital Vs Usaha Sablon Manual

Usaha sablon digital selangkah lebih maju dibandingkan usaha sablon manual. Dalam kurun waktu yang sama, sablon digital lebih banyak memproduksi ketimbang sablon manual. Bila sablon manual harus mencetak kaos dalam jumlah yang banyak maka dengan sablon digital Anda bisa mencetak kaos meskipun hanya satu buah.

Teknik sablon digital ini memfaatkan teknologi transfer panas untuk mencetak tulisan atau gambar pada media tertentu seperti gelas / mug, kaos, topi, ID Card dan lain-lain.

Bila Anda ingin memulai bisnis ini, modal usaha yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Nilai investasi berkisar 1 – 6 jutaan. Usaha ini mampu memperoleh margin keuntungan hingga 100% bahkan lebih.

Berikut contoh perhitungan investasi dalam usaha sablon digital untuk produk kaos (T-shirt):

Harga Bahan Baku :

  • Kaos : Rp 17.000 / Kaos
  • Kertas Transfer : Rp 250 / Lembar
  • Tinta : Rp 1.280 / Kaos

Total investasi untuk sebuah kaos = Rp 18.510. Anda bisa menetapkan harga jual berkisar = Rp 35.000 – Rp 40.000. Sehingga margin keuntungan yang Anda dapatkan = lebih dari 100%

Peralatan Sablon Digital

Untuk mendapatkan mesin sablon digital bukanlah hal yang sulit. Di pasaran, banyak produsen sablon digital menyajikan mesin terbaik mereka dengan kualitas yang tak diragukan lagi. Carilah mesin sablon digital yang memiliki garansi servis, bahkan ada yang meawarkan garansi seumur hidup.

Demikian halnya dengan tinta yang akan digunakan. Pilihlah tinta dengan kualitas warna yang terbaik dan sempurna. Jenis tinta seperti ini bisa Anda dapatkan dari tinta impor korea, negara penghasil tinta terbaik di dunia.

Peralatan Bisnis Usaha Digital Sablon adalah teknologi yang digunakan dalam menjalankan bisnis usaha sablon digital atau digital digital,
sebenarnya bukanlah hal yang terbilang benar-benar baru. Metode digital printing ini sudah ada sejak lama, hanya selama ini dipakai secara khusus saja oleh masing-masing jenis usaha yang menggunakannya.

 
 


Mengapa disebut DIGITAL SABLON?
Sebenarnya tidaklah semurni sebutan nama beken-nya, karena dalam bisnis usaha digital sablon ini terkandung beberapa teknik produksi digital printing yang amat berlainan cara kerjanya. Karena kepraktisan serta kekompakan pada ukuran alat-alat produksinya dan kemudahan dalam memproduksinya, maka digabunglah semua alat-alat tersebut dalam suatu paket usaha yang cukup kompak dan produktif. Inilah salah satu trend dunia usaha yang sedang hot dan berkembang secara cepat.

Teknik pengepresan panas pada hasil sablon kaos diadaptasi dari teknik sejenis di industri garmen modern. Alat ini kini bisa digunakan pada skala usaha home industri.

Begitu juga teknik pad printing yang telah lama digunakan dalam industri keramik atau glassware (mug, gelas, piring, mangkuk, cangkir, botol, dsb), kini dikembangkan sebagai bentuk mesin produksi pad printing untuk skala usaha yang lebih kecil agar lebih praktis dan kompak.  

Pada teknik pembuatan pin juga berlaku hal yang sama, mesin produksi pengepresan pin kini dibuat lebih simple lagi dalam ukuran yang relatif kecil dan praktis.

Teknik cetak ploting juga sudah dikenal dalam memproduksi gambar-gambar ukuran besar. Dan di bisnis digital sablon ini diadaptasi sebagai alat produksi sticker cutting, digital printing (small size banner) atau sebagai output untuk design berukuran kecil tapi dilay-out dalam jumlah massal dan diprint-out ukuran besar.

Berikut dibawah ini beberapa contoh alat-alat produksi pada usaha digital sablon yang umum digunakan:

SABLON DIGITAL: T-SHIRT – KAOS – KEMEJA – SERAGAM – MINI BANNER
Sejalan dengan perkembangan teknologi maju ke arah digital, kami melakukan pengembangan dan inovasi dengan meluncurkan produk-produk dengan sistem digital di bidang sablon, sehingga memungkinkan anda untuk menerima pesanan dalam jumlah yang minim (1 pcs) dengan harga yang terjangkau. Kualitas sablon pun jauh lebih bagus dibandingkan sablon manual (konvensional).

Proses pengerjaannya pun sangatlah mudah, anda hanya butuh waktu 30 detik saja untuk menyablon satu t-shirt, proses pengerjaan yang tidak mungkin dapat dilakukan dengan sablon manual.

Gambar yang diperoleh lebih tajam dan hi-res. Memungkinkan bagi anda untuk mengabadikan gambar atau foto di media T-Shirt, Keramik, Piring. Untuk bahan yang mengandung polyester di atas 35% anda cukup menggunakan media kertas HVS, untuk bahan katun, anda dapat menggunakan media kertas transfer paper.

Pada umumnya mesin ini diimport dari luar Indonesia alias barang import dengan variasi harga diatas 12jt – 25jt

Dewasa ini sudah banyak mesin hot press ini yang diproduksi oleh tenaga professional dalam negeri. Masing-masing produsen punya spesifikasi dan karakteristik yang khusus yang membedakan dengan produsen lainnya. Mesin lokal ini dilengkapi dengan elemen heater berdaya tahan baik dan tidak banyak memakai daya listrik. Mesin hot press ini hanya berdaya 900 – 2000 watt. Harganya pun pasti dibawah rata-rata harga mesin hot press buatan import.

Mesin lokal memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan mesin import, antara lain : komponennya mudah didapat, after sales service lokal yang relatif mudah dan kooperatif. Hal seperti inilah yang harus menjadi pertimbangan anda sebelum membeli barang.

FOIL

>> Apa beda foil digital dengan foil konvensional?

Lembaran Foil digunakan pada pembuatan produk kain, seperti : Kaos, Topi, Kemeja, dll. Dari hasil pencetakan menggunakan lembaran foil bias didapatkan efek kilau seperti emas, perak, tembaga, merha, hijau biru, dll. Pada foil untuk digital sablon, efek mengkilatnya begitu memukau sangat berbeda dengan hasil foil pada proses cetak hot stamping konvensional yang terkesan tenggelam efek warnanya. Ada juga glitter (bintik-bintik mengkilat) yang dipakai pada produksi sablon digital. Efeknya juga lebih bagus daripada glitter sablon bisa (konvensional), yakni tidak meninggalkan bekas bubuk di angan anda bila diraba permukaannya.

SABLON MUG

Alat pad printing ini sangatlah cocok untuk investasi skala kecil dan menengah. Karena hanya dengan modal sedikit anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 100%. Proses pengerjaannya pun tergolong mudah (orang yang awam pun bisa). Mesin sablon ini (pad printing) sanggup menyelesaikan pekerjaan sablon sebuah buah mug hanya dalam waktu kurang dari 4 menit saja. Hasil yang dicetak sangat tajam dengan kualitas foto.

Dengan teknologi yang ada saat ini memungkinkan anda dapat melakukan sablon mug dalam jumlah satuan kecil. Pemesanan order tidak lagi menerapkan system minimal order, pesan banyak atau hanya satu buah bisa anda layani. Tentunya semakin banyak jumlah ordernya, akan semakin murah lagi harga satuannya.

Biasanya mesin digital sablon untuk mug ini juga barang import. Tapi sudah banyak mesin made ini Indonesia beredar di pasaran.

Mesin ini sangat cocok untuk memproduksi souvenir dan tool kit events: Acara Ulang Tahun, Perkawinan, Seminar, Reuni, Kado, Launching Produk Event Orginaizer, Corporate, Instansi Pemerintah. Lembaga pendidikan Kampanye PILKADA, Tempat Wisata dan Rekreasi. Aksesoris untuk perayaan hari-hari besar, dll

Harga mesin sablon mug berkisar dari Rp. 7jt – 9,5jt


PRESS PIN

Mesin Press Pin ini sudah banyak diproduksi oleh ahli lokal. Mesini ini gunanya untuk membuat berbagai variasi pin button secara instant. Mesin ini merupakan suatu investasi yang menjanjikan, karena segmentasi pasar yang luas dengan beragam usia, konsumennya bisa berasal dari perorangan, organisasi atau instansi.

Proses dan pengerjaannya sangatlah mudah. Untuk membuat sebuah pin, anda hanya memerlukan waktu kurang dari 15 detik. Tanpa perlu listrik, tanpa kertas khusus. Anda hanya perlu mencetak gambar atau obyek foto pemesan dengan menggunakan printer inkjet bisaa. Kemudian anda press gambar tersebut dengan bahan pin menggunakan mesin pin press tersebut. Dalam sekejap gambar tadi akan menjadi pin button yang unik dan menarik. Pemesanan pin bisa dilakukan dalam jumlah satuan kecil (1 pc). Tidak ada minimal order. Keuntungan dari penjualan pin persatuannya bisa mencapai 400%. Fantastik!

Untuk merubah ukuran anda tidak perlu membeli mesin baru, cukup mengganti moulding (model cetakan) dengan ukuran yang anda inginkan.

Saat ini banyak mesin pin di pasaran sudah tersedia dalam 4 ukuran moulding:

  • Pin Moulding ukuran 32 mm
  • Pin Moulding ukuran 44 mm
  • Pin Moulding ukuran 58 mm
  • Pin Moulding ukuran 75 mm

Pembelian mesin pres pin ini tersedia dalam bentuk PAKET yang didalamnya sudah termasuk alat Pemotong Khusus (circle cutter) sejumlah (500 – 1000 pcs) material pin Dengan Circle Cutter, anda tidak perlu menggunting bentuk bulat, sehingga memudahkan proses kerja.

Harga paket mesin press pin lokal beserta starter kits-nya sbb:

- Paket Pin Press: • 1 Unit Mesin Pin Press • 1 Unit Mould • Sejumlah (500 – 1000 pcs) Material Pin Peniti • 1 Unit Circle Cutter

Ukuran 32 – 75mm mulai dari Rp. 2,7jt – 4 juta, tergantung spesifikasi masing-masing produsen.

PLOTTER FOR CUTTING STICKER

Membuat cutting sticker saat ini tidaklah sulit, anda cukup menyediakan 1 perangkat komputer, dan 1 buah mesin cutting ploter dan bahan-bahan seperti sticker vinyl dan transfer tape.

Bagi anda yang ingin membuka usaha cutting sticker, banyak tersedia paket penjualan mesin cutting plotter yang harganya jauh lebih murah dari mesin plotter import. Ada beberapa produk mesin cutting merk tertentu (Cina) di pasaran dengan hasil cutting tidak terlalu bagus. Mesin plotter local pun sudah dapat bersaing secara kualitas.

Selain itu anda tidak perlu khawatir perihal garansinya, karena mereka pada umumnya sudah berani memberikan garansi dan jaminan pengadaan spare part, mulai dari komponen terkecil hingga mainboard. Produsen tinta pun banyak menyediakan beragam jenis, warna dan ukuran catridge-nya. Selain mudah pengoperasiannya, hasil potongannya (cutting) pun sudah tergolong halus.

Pasaran harga untuk jenis mesin plotter (cutting) ini amat bervariasi, tergantung spesifikasi dari masing-masing produsennya, umumnya berkisar dari 6jt – 15jt, diluar biaya extra training fee.

Bila anda berniat memulai atau membuka usaha digital sablon secara terpadu, harap diperhatikan prioritas capaian segmentasi pasar yang coba dibidik. Tidak disarankan untuk langsung berinvestasi dengan sejumlah peralatan / mesin produksi secara lengkap. Pilihlah dan tentukan terlebih dahulu skala usaha yang ingin anda jalankan sebelum membeli alat-alat produksinya. Kecuali anda sudah merasa yakin dan telah melakukan survey, perhitungan dan analisa secara komperehensif atas semua aspek yang bakal anda hadapi dalam menjalani bisnis usaha digital sablon ini.
INSTANT ID CARD

Dewasa ini, kebutuhan akan ID Card merupakan sebuah kebutuhan utama bagi banyak institusi di Indonesia. Hampir semua Sekolah, Universitas, Pabrik, Perkantoran pemerintahan maupun swasta sangat membutuhkan tanda pengenal bagi para siswa dan staffnya. Dengan demikian tingginya kebutuhan pasar akan ID Card, membuat berlomba-lombanya para pelaku usaha ID card untuk membuat produk yang terbaik.

Cara pembuatan instant ID Card ini sangatlah berbeda dengan sistem sablon atau offset. Dimana memerlukan film terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil separasi warna, sehingga biaya produksi untuk 1 pcs ID Card sangatlah mahal. Hasil dan jadi ID Card yang hasilkan sangat mirip dengan kartu ATM / Credit Card bila dilihat dari bentuk dan fisiknya.

Cukup dengan printer inkjet biasa, material Instant PVC untuk ID Card, dan mesin laminating, anda dapat membuat ID Card secara per satuan. Hasil kualitas photo, pengerjaannya pun sangat mudah dan cepat. Tidak ada minimum order. Pesan hanya satu buah ID Card bisa diterima.

Target pemasaran anda sangat mudah, karena dengan alat-alat produksi diatas anda dapat membuat berbagai macam applikasi seperti, kartu pelajar, member card, tanda pengenal pegawai, gantungan kunci dengan foto, kartu nama, atau pun mainan mirip kartu ATM / Credit Card dengan foto pribadi. Biaya produksi untuk 1 pcs ID Card tergolong murah, anda hanya mengeluarkan biaya produksi Rp.1200,-/pcs.

Saat ini industri sablon sudah berkembang pesat, seiring dengan perkembangan industri kaos. Pernahkah Anda mendengar istilah “factory outlet” dan “distro (distribution outlet)”? Kalau Anda berjalan-jalan ke Bandung, di sepanjang jalan-jalan utama banyak terdapat factory outlet dan distro. Ada pula toko-toko distro yang mengkhususkan diri dalam cetak sablon kaos. Khusus di sekitar Jalan Pahlawan, atau biasa disebut Jalan Suci, terdapat banyak toko yang menjual serta memproduksi kaos sablon. Kaos yang mereka buat dan jual sungguh beraneka ragam.

Selain kaos jadi, ada pula distro yang menawarkan jasa cetak sablon pesanan. Usaha semacam ini menerima gambar jadi dan hanya mencetakkannya saja. Dengan kata lain mereka meminjamkan alat sablon serta jasa sablonnya, sedangkan mereka hanya menyediakan kaos polosnya saja. Tapi ada juga yang menerima kaos yang sudah disediakan oleh pelanggan, dan mereka hanya menyablonkannya saja. Kaos sablonan seperti ini hanya dimiliki oleh si pemesan.

Dari sekian banyak jenis usaha penyablonan, mungkin Anda tertarik untuk menekuni salah satunya. Namun jika Anda ingin membuka usaha sablon, Anda perlu tahu dua teknik dasar sablon. Dua teknik sablon yaitu secara manual dan digital. Keduanya sama-sama mengandung keuntungan dan risiko usaha yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sudah tahu, barulah Anda dapat memilih metode yang paling memberi keuntungan bisnis maksimal. Berikut adalah penjelasannya.
Sablon manual

1. Sablon manual mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan sablon digital. Kaos yang disablon secara manual umumnya warnanya tidak cepat pudar, walaupun memang tergantung juga dari jenis tinta yang digunakan dan proses pengerjaannya. Tintanya pun menempel lebih kuat dan akan tetap menempel meskipun kaos dicuci berkali-kali. Pada sablon manual, kita dapat membuat gambar atau tulisan timbul, yakni dengan menggunakan tinta busa. Untuk mengerjakan sablon massal dalam jumlah banyak, lebih tepat menggunakan sablon manual, karena biayanya lebih murah.

2. Sedangkan kekurangan sablon manual, jika kita menyablon gambar yang berwarna-warni, hasilnya biasanya kurang bagus. Untuk usaha sablon, jika hanya membuat satu buah barang saja, maka biayanya akan mahal. Dalam dunia usaha, sablon manual sebaiknya dilakukan hanya jika jumlah pesanannya banyak, sehingga kita tidak rugi. Proses pengerjaan sablon manual lebih lama dari sablon digital, karena proses sablon manual membutuhkan beberapa tahap pengerjaan, seperti pembuatan afdruk, penyablonan, penjemuran, dan sebagainya.

Sablon digital

1. Sablon digital dikerjakan dengan mesin. Kelebihannya, pada sablon digital, warna sablon dapat lebih bervariasi. Proses pengerjaannya pun lebih cepat dari sablon manual, karena hanya menggunakan media kertas transfer (transfer paper). Kaos yang dibuat dengan sablon digital juga lebih cepat kering dibandingkan dengan kaos yang dibuat dengan sablon manual, karena pada sablon digital tintanya dipres dengan mesin pres digital. Sablon digital dapat menyablon foto atau gambar yang berwarna-warni. Dalam bisnis sablon, jika pesanan tidak begitu banyak atau hanya satuan, sablon digital dapat diterapkan sehingga proses pembuatannya akan lebih cepat dan menguntungkan.

2. Sedangkan kekurangan sablon digital yaitu harga kaosnya lebih mahal daripada kaos sablon manual. Hal ini dikarenakan dalam sablon digital kita menginvestasikan uang lebih banyak, misalnya untuk membeli printer, mesin pres, dan kertas transfer. Jenis kaos yang dapat digunakan dalam sablon digital lebih terbatas. Hanya ada beberapa jenis kaos saja yang cocok digunakan untuk sablon digital, antara lain kaos jenis cotton combed. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan kaos jenis TC dan PE, tetapi secara perhitungan bisnis, keuntungan yang didapat akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan jenis cotton combed.

Cara Sablon Kaos Digital dengan Transfer Paper

Bila anda ingin memberi hadiah ulang tahun untuk anak atau untuk keperluan acara-acara khusus di kantor atau di lingkungan tempat tinggal, maka kaos dengan desain unik yang anda buat sendiri bisa menjadi salah satu ide yang menarik. Dengan adanya teknologi sablon digital, kini anda bisa menyablon kaos dengan gambar, tulisan hasil desain sendiri atau koleksi dari foto digital. Sablon digital dengan sangat mudah dan bisa dikerjakan sendiri dirumah menggunakan transfer paper.

Transfer paper ini didisain khusus untuk men-trasfer gambar atau tulisan ke kaos polos dengan cara pemberian panas. Cara sablon menggunakan transfer paper ini tidak memerlukan banyak peralatan. Anda cukup memiliki komputer – dengan software seperti coreldraw atau photoshop – dan printer untuk mencetak disain ke transfer paper. Anda bisa menggunakan printer inkjet untuk mencetaknya. Transfer paper ini biasa dijual per 6 lembar atau 12 lembar per paknya di toko-toko yang menjual tinta dan aksesoris komputer. Selain itu, tentu saja anda harus memiliki kaos polos sebagai medianya.

Ada dua macam transfer paper. Bila anda ingin mentransfer disain ke kaos polos yang berwarna putih, abu-abu atau warna-warna terang lainnya maka gunakan transfer paper standard atau biasa disebut transfer paper clear. Sedang untuk kaos polos yang berwarna lebih gelap atau hitam maka gunakan transfer paper dark.

Cara menyablon kaos polos dengan menggunakan transfer paper clear bisa dilakukan seperti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pastikan gambar yang anda disain di komputer pada dengan setting mirror.
  2. Cetak gambar, tulisan hasil disain anda, atau foto ke kertas transfer paper.
  3. Gunting kertas transfer paper yang telah dicetak sesuai dengan gambar, dengan menyisakan 0,2mm untuk bordernya.
  4. Letakkan kaos yang akan disablon diatas kertas karton yang cukup tebal.
  5. Letakkan transfer paper yang sudah digunting diatas kaos, kemudian gosok menggunakan setrika dengan setting temperatur rendah, jangan terlalu panas karena kertas bisa lengket di setrika. Akan lebih mudah dan konsisten hasilnya bila menggunakan mesin hot press yang bisa disetting temperature dan waktu pengepresannya, ini yang biasa disebut dengan sablon digital.
  6. Bila menggunakan setrika cukup gosok secara merata selama 30 detik saja.
  7. Dan langkah terakhir, buka kertas transfer paper secara perlahan, maka kaos sablon dengan disain anda sendiri sudah selesai.

Cara menyablon kaos polos dengan transfer paper dark seperti langkah di bawah ini:

  1. Cetak gambar dari komputer ke transfer paper, image tidak perlu disetting mirror. Setting opsi pada printer dengan kualitas best.
  2. Lepaskan lapisan yang berwarna putih susu dari transfer paper secara perlahan dan hati-hati. Maka akan tersisa lapisan semacam membran elastis, kemudian letakkan lapisan ini diatas kaos yang sudah dialasi kertas karton tebal.
  3. Letakkan kertas minyak, – biasanya satu paket dengan transfer paper dark – diatas lapisan elastis, kemudian gosok dengan setrika atau press dengan mesin hot press.
  4. Proses penggosokan jangan terlalu lama karena bisa mengakibat lapisan elastis kering dan keriput.
  5. Kini disain kaos sablon dengan transfer paper sudah siap dipakai.

Sablon Digital Kaos

Proses cetak sablon secara manual adalah salah satu cara yang sering digunakan untuk membuat hasil cetakan di atas kaos, topi, mug, dll. Dewasa ini perkembangan tinta printer serta bahan-bahan lainnya, telah memungkinkan dilakukannya pembuatan cetak kaos secara digital menggunakan printer yang terhubung ke komputer.

Kelebihan sablon digital adalah kemampuannya mencetak dengan jutaan warna atau full colour, sehingga mampu mencetak foto-foto dengan kualitas true colour. Sedangkan pada proses cetak sablon manual untuk mencetak foto harus menggunakan proses cetak separasi warna yang membutuhkan ketrampilan tingkat  tinggi, peralatan, serta bahan sablon yang berkualitas tinggi.

Untuk hasil cetakan sablon digital tinta lebih tipis dan kurang begitu cerah serta kurang solid. Sedangkan sablon manual ketebalan tinta dapat diatur serta warna lebih solid. Mencetak dengan cara sablon manual mudah dilakukan disemua jenis bahan kaos. Sedangkan untuk sablon digital prosesnya berbeda untuk bahan kaos yang berbeda-beda.

Ada beberapa Jenis cetak digital, tergantung dari bahan tinta, cara cetak, dan bahan kaos, dan mesin printer yang digunakan.

Bahan yang biasanya umum dicetak adalah ; kaos, topi, mug, piring, keramik, paying, sarung bantal, mouse pad, dll.

1. Dengan Transfer paper

Jenis kertas ada dua:

1. Utk light fabrics (kaos terang/putih)

2. Dark Fabrics (kaos gelap/hitam)

Tinta:

1. Original ink (epson durabrite ‘s the best) –> disarankan.

2. Kalo pake infus, gunakan tinta pigmen –> gak apa2 deh

3. laserjet –> bagus juga tapi sayang toner nya mahal.

**Jangan gunakan tinta infus yg dye ink –> cepat luntur hanya warna saja yg lbh bright.

Proses:

A. Utk paper kaos putih:

1. Design

2. Print terbalik (mirror) pada kertas transfer.

3. Letakan kertas yg di print menghadap kaos.

4. Press dgn mesin heatpress (100-150 drajat, 5-10 detik)

atau menggunakan strika gosok perlahan dan merata.

5. lepaskan (kupas) lapisan penutupnya setelah  dingin.

B. Utk paper kaos hitam:

1. Design

2. Print (jangan di mirror)

3. Letakan di atas kaos (bagian terprint menghadap ke atas).

4. Tutup (lindungi) kertas transfer dgn kertas khusus (spt kertas minyak) — beli selalu ada kertas ini di dalamnya–

5. Press dgn mesin heatpress (100-150 drajat, 5-10 detik)

lepaskan kertas pelindung tadi. setelah dingin.

Keuntungan pakai sistem ini:

1. kerjaan mudah. Proses cepat.

2. gambar full color as far as printer bisa ngeprint.

3. Dapat di atas kaos cotton, Polyester, polycotton, silk, kanvas, dsb.

Kerugian:

1. Diperlukan perawatan khusus utk kaos yg dicetak dgn transfer paper (cuci tdk di kucek/sikat, tdk menggunakan bleach, ttdk boleh rendam terlalu lama, jgn gunakan pengering dryer machine, sebaiknya diangin2kan saja, setrika tdk langsung kena transfer paper, jangan dipakai tidur).

2. jika menggunakan tinta infus dye ink cepat luntur.

3. seapik apapun dlm merawat kaos, transfer paper akan rusak, pecah, atau terkelupas setelah beberapakali cuci (10-20X cuci jika dirawat dgn baik).

Target market:

jenis digital transfer ini sebaiknya (efektif) digunakan utk even2 tertentu yg memerlukan penanganan cepat (spt kampanye, acara tv, panitia acara live music, just for fun dsb). Bukan utk konsumen yg menginginkan kaos utk dipakai selamanya.

2. Digital T-shirt: Sublimation

Jenis Tinta : Khusus sublime

Printer : Inkjet (epson)

Kertas:

1. HVS –> boleh aja

2. Inkjet –> banyak yg pakai

3. kertas khusus sublimation –> paling bagus

Proses:

1. Design

2. Print terbalik (mirror) di kertas

3. Letakan di atas kaos (warna terang dan mengandung polyester) gambar menghadap kaos.

3. Press dgn mesin heat press (200-250 derajat, 40-50 detik)

Keuntungan:

1. Proses cepat, mudah, gak ribet

2. Warna cerah million colors.

Kerugian:

1. Hanya bisa di kaos yg mengandung polyester (PE, TC, polycotton, silk, satin). –> ini banyak yg kurang suka dgn jenis bahannya.

2. Warna akan semakin cerah jika mengandung polyester 100%. –> kaos makin panas.

3.Hanya bisa di kaos warna terang. –> tdk ada tinta warna putih.

Target market:

Efektif utk kaos rombongan (tour), even2 kantor, kelompok anak2 sekolah, dsb yg tdk mengutamakan personal touch. Biasanya market perorangan banyak yg complain mengenai kualitas bahan kaos.

3. Duracotton

untuk bahan katun harus pakai kertas transfer khusus. Untuk katun putih atau katun berwarna terang lainnya, harus menggunakan kertas transfer katun putih, sedangkan untuk katun hitam atau katun berwarna gelap lainnya harus menggunakan kertas transfer katun hitam.

Karena bahan katun tidak memegang tinta, maka bagian dari kertas transfer tersebut yang akan memegang ke bahannya. Kalau dari segi ketahanan, bisa tahan lama selama cucinya tidak disikat dan hati2.

Jenis Tinta : Sublime

Kertas :  Khusus Duracotton

Proses:

1. Letakan kertas duracotton diatas kaos (cotton) bagian yg mengkilat menghadap ke kaos.

2. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 20 detik)

3. lepaskan kertas, bahan polymer akan merekat pada kaos cotton.

4. Design dan print mirror dgn tinta sublime.

Letakan gambar di atas kaos yg telah ada polymernya tadi.

5. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 40 detik)

Keuntungan:

1. Proses sublimasi dapat di atas kaos cotton.

Kerugian:

1. warna tidak secerah sublimasi di atas polyester.

2. Hanya bisa di atas kaos putih/terang (warna kaos terang lain bisa tapi bekas polymer akan terlihat samar2).

Target market:

untuk personal yg komplain dgn bahan kaos non cotton. Hanya saja hasil akhir masih belum bisa bagus sekali setara dgn hasil sablon manual di distro2.

4. COTTON GEL & GEL KAOS WARNA

Bahan katun tidak menyerap tinta, sehingga hasil warna menjadi buram dan warna putih menjadi kurang cerah. Untuk mencetak di atas bahan katun putih perlu menggunakan Cotton Gel.

Cotton Gel berfungsi untuk melapisi kaos katun agar bisa di press. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal maka sebaiknya dilapiskan beberapa kali agar hasilnya lebih ngaret.

Kelebihan dari Cotton Gel ini adalah biaya atau cost-nya yang lebih murah dibandingkan dengan transfer paper. Dari hasil uji coba, cotton gel isi 500gram ini bisa menghasilkan plus minus 80 kaos, tergantung pada ketebalan pengolesan. Harga cotton gel ini 125.000 ( per 500gram ). Keunggulan lainnya adalah hasilnya lebih awet dibandingkan transfer paper.

Sedangkan untuk bahan katun warna serta kaos warna bahan selain katun, kaos dilapisi terlebih dahulu dengan gel khusus untuk kaos warna, yang berfungsi untuk memberikan lapisan dasar berwarna putih, sehingga semua warna dapat terlihat cerah sesuai warna aslinya.

4.Ecosolvent

Jenis tinta : khusus ecosolvent ink

Jenis printer : wide format printer (Biasa buat digital printing indoor/outdoor)

Kertas : khusus stretch ecosolvent

Proses:

1. Design

2. Print dgn tinta printer ecosolvent diatas kertas khusus.

3. Cutting dgn mesin cutting plotter

4. Letakan di atas kaos.

5. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 10 detik)

Keuntungan:

1. Bahan stretchable (spt karet)

2. waterproof

3. Full color

4. Bisa dibahan kain apa saja (termasuk bahan utk olahraga air)

Kerugian:

1. modal besar (mesin wide format dan cutting plotter)

target market:

Utk personal atau group yg mengutamakan kualitas baik kualitas kaos ataupun hasil print. Harga jual kaos lebih tinggi dari digital t-shirt lainnya.

 
 

5.Flex

Kertas:

Thermo flex (macam2 namanya tp rata2 menggunakan kata2 Flex)

kalao pada bingung flex itu apaan: itu loh kertas cutting sticker khusus utk kaos. Kertasnya udh berwarna (solid, gold, silver, reflective, glitter, glowinthedark, dsb)

Plotter :  Cutting plotter (atau kalao mau ya gunting2 sendiri atau pake cutter manual)

Proses:

1. Design

2. Sebelum cutting, mirror dulu gambarnya.

3. Cutting dgn mesin cutting sticker (yg ukuran A4 murah tuh)

4. bagian yg dicutting adalah bagian belakang kertas, bukan yg ada plastiknya.

5. peal bagian2 yg gak perlu.

6. Letakan di atas kaos, posisi menghadap ke atas

7. Press dgn mesin heat press (150 derajat, 10 detik)

keuntungan:

1. warna solid atau camuflage, reflective, gold, glitter, dsb

2. Proses cepat dan gak pake ribet.

3. Bisa di kaos bahan apa saja warna apasaja.

Kerugian:

1. Hanya utk design warna solid, bukan gradasi atau million colors.

Target market: exclusice t-shirt, costum t-shirt, utk yg mengutamakan kualitas. Efektif utk kaos satuan.

6.Flock

Jenis Tinta : Sublime

Jenis kertas : Flock (kertas berserat fiber, tekstur seperti beludru)

Jenis printer : Inkjet printer (epson)

Plotter :  Cutting plotter (kalau nggak ya gunting2 ndiri aja manual)

Proses:

1. Design.

2. Print mirror dgn tinta sublimation pada kertas hvs/inkjet

3. letakan diatas flock. Posisi gambar menghadap kertas flock

4. Press dengan mesin heatpress (200 derajat 10 detik)

5. Cutting dgn cutting plotter

6. Letakan di atas kaos. Posisi menghadap ke atas.

7. Press dgn heat press (150 derajat 10 detik).

Keuntungan:

1. Bahan bertekstur spt beludru.

2. Warna dapat million colors.

3. Bisa di atas bahan apa saja. Bahkan bisa di combine dgn flex.

Kerugian:

1. Pekerjaan dua kali transfer.

2. Modal sedikit lebih besar karena ada cutting plotter (walaupun merk cunkuo udah murah2 sekitar 3 jt an dgn ukuran potong lebar bisa 60-90 cm.

Target market: Seperti flex, efektif utk exclusive custom t-shirt

7. Direct Print

Kaos dapat langsung diprint dengan menggunakan printer khusus, sehingga proses pembuatan cetakan kaos menjadi lebih cepat. Ada juga printer yang melakukan cetak dua kali, dengan kemampuan mencetak yang kedua kalinya dengan sangat akurat, sehingga hasil cetakan lebih tebal dan warna menjadi lebih kontras. Setelah proses mencetak selesai, kaos dikeringkan dengan mengunakan hairdryer.

About these ads

46 responses

  1. das

    Hrg kaos 17ribu beli dimana mas ? infonya donk

    14 Mei 2011 pukul 10:30

  2. rajam

    gimana cera untuk pembelianya

    20 Mei 2011 pukul 11:59

    • lordbroken

      Paket digital sablon kaos

      Mesin Press kaos 500-900warr

      Printer Epson T.13 + U/g Sablon cmyk 300 ml

      100 lembar inkjetpaper

      10 lembar Tranferpaper white

      5 lembar Transferpaper dark

      Harga Rp 4.500.000

      Gratis : CD tutorial dan CD templates

      Beberapa kelebihan mesin press lokal adalah:

      1. Listrik hanya 500 watt.

      2. Bisa mencetak piring dengan berbagai macam ukuran ( tidak memerlukan moulding khusus)

      3. Bisa mencetak keramik dan asbak. (TIDAK PAKAI PECAH)

      4. Garansi 5 tahun.

      5. Buatan Anak Bangsa.

      kontak Rizky kurnia 08563435993

      24 Mei 2011 pukul 09:30

      • ipul

        klo boleh tau kantornya dimana ?

        31 Desember 2011 pukul 16:44

      • Ajis

        kalau mau pesan gmn crnya mas,,

        3 Mei 2012 pukul 09:26

      • Fajariannur

        mas tintanya pake apa

        12 Juni 2013 pukul 20:14

      • sirossiris

        Tinta sublim us…agak mahalan tp bagus

        13 Juni 2013 pukul 07:42

  3. thanks infonya ga..keren abizz…

    8 Juni 2011 pukul 11:16

  4. adhypamu

    aklo tanpa printer piro mas…. (newbie)

    19 Juni 2011 pukul 17:42

  5. Dani Ts.

    Katun gel untuk warna gelap, piro hargane gan?

    26 Juli 2011 pukul 09:58

  6. irwan

    g day bos, saya mau tau cara penggunaan cotton gel sampai kaos katun tsb bisa di sablon, tolong ya bos……..plissss

    5 Agustus 2011 pukul 05:30

  7. FitJul

    Infonya bagus sekali. Klo Cotton Gel belinya dimana mas? lagi mo nyoba2 nich

    11 Agustus 2011 pukul 09:38

    • Indra

      Bang saya mau tanya….. Beli cotton gel nya dimana? Dan kasih tutorialnya step by step donk gaaan tentang penggunaannya pad kaos cotton…. Satu lagi…. saya sudah ada semuanya… terus tinta sublime bisa di cotton ga bang dengan kualitas distro? Terima kasih bang…… Saya do’akan usahanya lancar…..

      Sent from my iPhone

      3 November 2013 pukul 13:39

  8. ruch

    nice info. permisi, mas mau tanya kalo menggunakan cotton gel tidak merata hasilnya kan rada sedikit hangus, nah itu gimana cara menghilangkan cotton gel yg hangus?
    terima kasih :)

    22 Agustus 2011 pukul 00:14

  9. yang namanya sablon itu setahu saya manual ato bahasa kerennya disebut screen printing. kalo sablon digital itu bukan sablon tapi digital printing :D

    28 Agustus 2011 pukul 15:09

  10. share info tempat jualan cotton gel dong gan… atau ada no yang bisa ane hubungi :shakehand:

    15 September 2011 pukul 20:22

  11. dwi

    Cotton Gel belinya dimana gan…,tks….o..ya regane pisan rek

    23 September 2011 pukul 02:09

  12. ita

    hi gan, tnx ya ilmunya….berguna buat saya yg lg cari2 cara sablon digital. utk sublimation, apa cetak di bahan warna gelap gak bisa? krn produk yg mau saya cetak seringnya berwarna gelap. ok deh gan,….ditunggu ya reply nya. tnx

    15 Oktober 2011 pukul 04:54

  13. maitink

    Cotton gel utk kirim ke medan brpa ongkir?
    tq

    19 Oktober 2011 pukul 08:39

  14. josh

    gan mau tanya maksudnya di coating apaan ya ?
    trus cairan khususnya kaya gimana ?

    20 Desember 2011 pukul 15:07

  15. jack tomi icko mild

    ada nggak kntor cbang pmasaran mesin sablon digital di solo & skitarnya…?
    trims….

    4 Januari 2012 pukul 23:15

  16. M. Syahroni

    saya mau memulai usaha ini tapi saya butuh tempat pembelian mesin dan pakaian polosnya. serta petujuk pelaksanaan dan mesin yang bagus…

    12 Januari 2012 pukul 00:59

  17. Roby

    Terima kasih atas tutorialnya.Saya mau beli transfer paper white. seperti tertulis harga 250 rupiah per lembar.Kalau mau beli di mana ya.Soalnya saya cari di gramedia ngak ada

    23 Januari 2012 pukul 11:36

  18. rial

    makasi ya infonya, dan ini sangat membantu saya
    karena kami ad rencanya ingin buat CV dan masih bingun mau buat usaha apa yg kira”
    menarik perhatian orang bayak.

    11 Februari 2012 pukul 14:54

  19. arif

    bisa ngirim kaos cooton harga 17ribu pa g bos?

    13 Februari 2012 pukul 19:06

  20. Umbara

    bos, dimana kaos yang 17 rb?
    minta link nya atau saya pesen deh

    16 Februari 2012 pukul 11:25

  21. Bisa dipesan luar kota ya untuk sablon..
    Sangat membantu..
    Minta info lengkap selengkap lengkapnya… he he thks

    2 Maret 2012 pukul 09:10

  22. Yunus R Saleh

    pgen beli euy, lumayan bisa menylurkan hobi sambil usaha..alamat.a dmna ya?
    bisa liat2 dulu?

    12 Maret 2012 pukul 22:47

    • Ya ini saya ada disurabaya. Agan dimana ya ? Brapa harga satu paketnya ? Apa saja item nya? Thx gan

      13 Maret 2012 pukul 08:07

  23. Bermanfaat sekali…. saya pengen buka cloating sablon digital tapi d bahan kaos katun….

    26 Maret 2012 pukul 18:02

  24. kalau pakai print ink biasa bisa ndak ya gan ?? ada kekurangannya ndak kalau pakai kertas HVS biasa dan tinta print biasa jg pake printernya Epson ?

    8 Mei 2012 pukul 14:21

  25. arie

    tolong call or sms saya mau pesan kaos 17ribu tadi… buat langganan nih. Thanks.. Arie 087879428899 087779397772

    13 Juni 2012 pukul 16:25

  26. Salam hangat gan dari aboluterevo nice info mantap jadi tertarik ni

    21 Juni 2012 pukul 00:19

  27. cari modal dulu,,,ahhh

    28 Juni 2012 pukul 02:48

  28. gan masih jalan kah usaha sablonnya. gimana perkembangannya untuk saat ini, bisa berbagi mungkin gan lewat email :), thanks

    4 Oktober 2012 pukul 16:50

    • sirossiris

      masik,,,monggo,,,sirossiris@yahoo.com…by ym ja ga apa

      5 Oktober 2012 pukul 09:20

  29. hairul abdi

    bagi video hasil kerja nya biar kita dapat percaya bagaimna system kerja alat tersebt

    15 Oktober 2012 pukul 17:44

  30. kalau untuk untuk kaos semacam caleg. bisa menggunakan kertas HVS? apakah kainnya harus di couting dulu

    17 Oktober 2012 pukul 09:40

  31. ada tmpat kursus.a gak bang

    9 November 2012 pukul 22:57

  32. utoyo adi suryo

    kami menyediakan mesin,paper transfer,tinta…..dan dukungan teknisi untuk kelancaran usaha anda di bidang sablon kaos dgn sistem sublim,khusus wil jawa tengah hub UTOYO telp:085867917529/081229199973

    30 November 2012 pukul 11:11

    • ardy

      saya mau memulai usaha ini tapi saya butuh tempat pembelian mesin dan pakaian polosnya. serta petujuk pelaksanaan dan mesin nya …
      apkh di sktr surabaya ada ??

      tlong di jwb ??

      trimakasih!!

      19 Desember 2012 pukul 19:42

      • sirossiris

        maen aja ke kapasan mas,,,disitu ada kaos polos pallmal ma yang no merk,,

        20 Desember 2012 pukul 08:16

  33. kapasan tu mana mas…….

    20 Desember 2012 pukul 14:22

  34. leo

    beli cotton gel dimana ya? daera jkt kalo bisa.. info ny donk gan

    19 April 2013 pukul 13:30

  35. DEWA TIMUR

    Kalau pakai tinta dye orisinil tahan lama, spt pigmen.

    1 Oktober 2013 pukul 01:38

  36. DEWA TIMUR

    SABLON b jerman. PRINT b inggris. CETAK b indo. jadi sama saja arti nya.

    1 Oktober 2013 pukul 01:42

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

Pos-pos Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: