“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

RANG DE BASANTI

RANG DE BASANTI


Tanggal Rilis :26 January 2006

Jenis Film :Action | Comedy | Drama

Diperankan Oleh :Aamir Khan

Ringkasan Cerita FILM RANG DE BASANTI :

Seorang pembuat film asal Inggris Sue McKinley (Alice Patten) secara tidak sengaja menemukan buku harian milik sang kakek yang sempat bekerja sebagai petugas penjara Inggris di masa gerakan kemerdekaan India.

Di buku harian tersebut, Sue mendapatkan lima tokoh pejuang kemerdekaan yang membuatnya tertarik. Ia memutuskan untuk menuangkan kisah kelimanya dalam sebuah film, dan langsung bertolak ke India. Berkat bantuan sahabatnya Sonia (Soha Ali Khan), Sue berhasil merekrut empat orang India.

Meski Daljit (Aamir Khan), Karan Singhania (Siddarth Narayan), Aslam (Kunal Kapoor), dan Sukhi (Sharman Joshi) tidak terlalu antusias, Sue berhasil meyakinkan mereka untuk ikut berpartisipasi. Belakangan, seorang politisi Laxman Pandey (Atul Kulkarni) yang anti-muslim ikut bergabung.

Setelah sempat terjadi konflik, kelimanya baru sadar bahwa kejadian yang dialami oleh tokoh yang mereka perankan ternyata masih terjadi hingga di masa sekarang. Puncaknya ketika Ajay Singh Rathod (R Madhavan) tunangan Sonia tewas saat pesawatnya mengalami kecelakaan.

Dengan cepat, pihak pemerintah menyebut kalau kejadian itu disebabkan oleh kelalaian pilot sehingga penyelidikan tidak perlu diperpanjang. Namun, Sonia dan kawan-kawan yang tahu kelihaian Rathod saat menerbangkan pesawat menolak klaim pemerintah.

Bahkan, dengan berani mereka menyebut Rathod mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan orang-orang di kota yang bisa terkena reruntuhan pesawat seandainya dirinya memilih untuk lebih menyelamatkan diri sendiri.

Pelan-pelan semuanya mulai terkuak, kecelakaan disebabkan oleh korupsi yang dilakukan Menteri Pertahanan (Mohan Agashe) yang menukar mesin pesawat dengan barang murah. Puncaknya terjadi ketika protes mereka ditanggapi secara keras oleh kepolisian.

[IMDb rating : 8.3/10]

[Awards : Nominated for BAFTA Film Award. Another 16 wins & 18 nominations ]

[Production Co : ROMP, UTV Motion Pictures]

[IMDb link : http://www.imdb.com/title/tt0405508/]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 139 pengikut lainnya

Tulisan Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
%d blogger menyukai ini: