“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

SAYA INI FLU ATAU PILEK YA ???

SAYA INI FLU ATAU PILEK YA ???

Flu/Pilek

Perbedaan Flu Dan Pilek – Musim hujan telah di depan mata, tidak sedikit diantara kita yang mulai terjangkit penyakit pilek dan flu. Kedua penyakit ini sebenarnya sama-sama merupakan infeksi pernapasan dan menunjukkan gejala serupa. Akan tetapi, apakah Anda tahu apa saja perbedaannya?

Definisi Pilek

Gejala pilek dapat disebabkan oleh lebih dari 200 virus yang berbeda. Inilah mengapa kita tidak dapat kebal terhadap flu biasa karena kekebalan terhadap satu jenis virus tentu tidak akan melindungi Anda terhadap 199 lainnya!

Diperkirakan, anak-anak bisa mengalami antara 4-8 kali pilek setiap tahun, sedangkan orang dewasa bisa mengalami sekitar 2-4 kali. Anda juga dapat mengidap pilek kapan saja, tetapi biasanya virus pilek akan mewabah selama musim hujan. Umumnya, gejala pilek muncul secara bertahap.

Gejala umum pilek biasanya adalah:

1. Pilek atau hidung tersumbat dengan lendir

2. Bersin

3. Batuk

4. Sakit tenggorokan

Namun, orang juga mungkin mengalami demam ringan (terutama anak-anak), kelelahan, sakit telinga, dan sakit kepala.

Definisi Flu

Hanya tiga virus yang bertanggung jawab atas flu. Tiga virus ini mampu mengalami perubahan genetik sehingga bisa menciptakan gugusan virus baru. Setelah mengalami flu satu tahun sekali, bukan berarti Anda akan kebal terhadap virus tersebut pada tahun berikutnya karena strain virus baru dapat beredar.

Flu bisa menyebabkan penyakit parah, terutama pada anak-anak, lansia, dan orang dengan sistem imunitas yang rendah. Gejala flu biasanya berkembang jauh lebih cepat daripada pilek dan dapat lebih parah. Flu memang akan membaik setelah seminggu, tetapi dapat membuat si penderita masih merasa lemah dan lelah.

Gejala umum flu yakni:

1. Demam mendadak, suhu tubuh melebihi 38 derajat celsius

2. Batuk kering mendadak

3. Sakit kepala

4. Kelelahan

5. Kedinginan

6. Nyeri pada otot dan sendi

7. Sakit tenggorokan

8. Hidung berlendir

9. Bersin

10. Kehilangan nafsu makan

11. Kesulitan tidur

Pilek dan flu biasanya dapat diobati di rumah hanya dengan istirahat, minum banyak cairan, dan meminum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol.



Terapi Sederhana Untuk Cegah Flu

Apa pengobatan yang terbaik untuk flu?

Tidak ada yang dapat mengobati flu biasa yang seringkali menyerang. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mengkonsumsi banyak air agar badan tidak kekurangan cairan. Kondisi ini akan mencegah munculnya infeksi lain. Hindari minuman seperti kopi, teh, serta kola yang mengandung kafein. Minuman ini akan mengganggu sistim cairan dalam tubuh Anda. Kalau masalah makanan, ikuti saja selera Anda. Jika tidak benar-benar lapar, cobalah mengkonsumsi makanan sederhana seperti beras putih atau kaldu. Sop ayam juga bisa membantu, uapnya akan melonggarkan saluran napas. Jahe juga dipercaya bisa mengatasi rasa tidak nyaman atau pual di perut. Minuman sejenis tuak bisa membantu tidur, tetapi berhati-hatilah mengkombinasikan alkohol dengan obat flu lainnya.

Obat-obat flu yang banyak dijual juga bisa meredakan rasa sakit dan demam. Akan tetapi, ahli kesehatan tidak lagi meyakini kalau ini bisa menekan demam ke tingkat yang paling rendah. Aspirin. Orang-orang yang berusia muda dan anak-anak sebaiknya tidak menggunakan aspirin karena bisa menimbulkan sindrom Reye. Dekongestan bisa membantu melancarkan pernapasan dengan mengecilkan perdangan membran mukus di hidung. Tetapi gunakanlah selama tidak lebih dari 2-3 hari. Saline Nasal Spray bisa membantu membuka saluran pernapasan dan bisa digunakan secara bebas. Obat batuk tidak terlalu efektif. Bagi penderita batuk ringan, air dan jus buah akan lebih membantu. Berkumur dengan air garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.


Seberapa efektifkah penyembuhan alami seperti seng dan vitamin C?

Beberapa studi menunjukkan bahwa zinc nasal spray membantu mengurangi gejala flu dan mempersingkat waktu alami flu. Teorinya, zinc spray melapisi virus influenza dan mencegahnya menempel ke sel nasal, gerbang masuk virus ke dalam tubuh. Ada juga studi yang menunjukkan kalau seng tidak efektif. Untuk vitamin C, studi terbaru menunjukkan kalua vitamin C tidak terlalu efektif. Akan tetapi, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar, akan mempersingkat waktu mengalami flu. Untuk mencegah flu dengan cara alami, cara terbaiknya adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan dari daun hijau gelap seperti bayam kaya akan vitamin A dan C. Salmon merupakan sumber lemak omega-3, yang berperan melawan peradangan. Yogurt rendah lemak juga membantu menstimulus sistem kekebalan tubuh. Olahraga secara teratur, misalnya dengan melakukan aerobik atau jalan, juga meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang berolahraga masih mungkin terserang virus, tetapi gejala-gejalanya akan lebih ringan. Mereka juga akan sembuh lebih cepat dibandingkan dengan orang yang kurang sehat.

Cara Alami Atasi Flu

CARA penyembuhan alami untuk mengatasi flu sampai sekarang masih populer dan banyak dicoba. Pasalnya, obat-obat modern sampai sekarang belum mampu menyembuhkan penyakit yang satu ini. Beberapa obat antiviral bisa mencegah dan mempersingkat lama waktu derita flu.

Tetapi, sebagian besar obat hanya bisa meredakan gejala untuk sementara waktu. Cara-cara penyembuhan alami ada juga yang hanya meredakan gejala untuk sementara waktu. Ada juga yang benar-benar akan membuat Anda merasa jauh lebih baik. Dari beberapa cara penyembuhan alami berikut, Anda bisa melihat dan memilih penyembuhan mana yang paling menjanjikan.

Echinacea

Echinacea merupakan suplemen herbal yang bisa meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Tetapi, masih belum jelas apakah suplemen ini benar-benar membantu memerangi flu. Beberapa penelitian tidak menemukan keuntungan tetapi satu studi baru-baru ini memberi gambaran yang lebih positif.

Partisipan yang menggunakan echinacea mengalami pengurangan lama waktu alami flu hingga 1.4 hari. Jika ingin mencoba, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Seng

Beberapa studi menunjukkan bahwa seng mengandung zat-zat antiviral. Selain itu, ada juga bukti yang menunjukkan kalau mineral bisa mencegah pembentukan protein yang digunakan oleh virus flu untuk memperbanyak diri. Efektivitas seng tergantung bentuk penggunaannya.

Sebuah penelitian menunjukkan, obat batuk yang mengandung seng sama sekali tidak mempengaruhi rentang waktu alami flu. Tetapi, gel seng untuk hidung (Zinc nasal gel) menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Vitamin C

Manfaat vitamin C dalam membasmi flu sampai saat ini belum jelas. Beberapa studi menunjukkan kalau vitamin C bisa mempersingkat waktu alami flu. Beberapa studi yang lain juga menunjukkan kalau vitamin C bisa mencegah flu. Bahkan, dalam studi yang lebih besar, penderita flu pulih lebih cepat setelah mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar (8000 miligram) pada hari hari pertama flu. Tetapi, mengkonsumi lebih dari 2000 miligram vitamin C per hari bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal dan diare.

Sup ayam

Sup ayam tidak hanya enak dimakan tetapi juga bermanfaat dalam mengatasi flu. Sup ayam bisa membantu mengatasi gejala flu dengan berbagai cara. Menghisap uap panasnya bisa melegakan saluran pernapasan. Cairan sup bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

Beberapa pakar juga menyatakan kalau sup bisa meredakan peradangan. Dari hasil percobaan laboratorium , para peneliti telah menemukan adanya kandungan anti peradangan di dalam sup. Tetapi, masih belum jelas apakah hal ini benar-benar bisa menyembuhkan flu.

Teh Panas

Minum teh mempunyai beberapa khasiat yang sama dengan sup. Menghirup uap pansnya akan melegakan saluran pernapasan, sedangkan cairan air panas itu sendiri bisa melegakan tenggorokan dan menjaga tubuh tidak kekurangan cairan. Teh hitam dan teh hijau lebih disarankan. Selain manfaatnya di atas, kedua teh ini juga kaya akan antioksidan.

Hot Toddy

Hot toddy merupakan terapi flu yang bisa dilakukan pada malam hari. Anda mungkin tidak ingin minum teh hitam sebelum tidur. Jadi, sediakan secangkir teh herbal panas. Tambahkan satu sendok madu, sedikit wiski dan perasan jeruk lemon. Campuran ini bisa meredakan hidung mampet, melegakan tenggorokan dan membuat tidur lebih nyenyak. Tetapi, batasi jumlah toddy panas Anda, terlalu banyak alkohol bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih

Kemampuan bawang putih sebagai pembasmi kuman telah melegenda. Walaupun belum ada penelitian yang menunjukkan kalau bawang putih efektif mengatasi flu, tetapi bawang putih merupakan makanan yang bernutrisi. Selain itu, bawang putih juga bisa menambah rasa makanan saat flu membuat semua makanan terasa hambar.

Berkumur dengan air lobak

Lobak berfungsi mencairkan mucus pada pada saluran pernapasan. Anda bisa melakukannya dengan berkumur menggunakan air dicampur dengan lobak dan madu.

Uap/pelembab udara

Anda bisa masuk ke ruang pelembab udara seperti sauna untuk mendapatkan uap dalam jumlah besar. Atau, anda bisa memilih cara sederhana dengan duduk di kamar mandi dengan pitu tertutup serta menjalankan shower panas. Menghirup napas dalam lingkungan beruap bisa memecahkan kemampatan di saluran pernapasan. Ini bisa meredakan hidung tersumbat atau hidung berair.

Tetesan air garam

Tetesan air garam bisa mengangkat virus dan bakteri yang ada di hidung sehingga bisa mengurangi hidung mampet. Anda bisa memilih produk jadi yang tersedia di toko obat atau bisa membuat sendiri. Anda bisa mencampur air hangat dengan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh tepung soda. Teteskan ke dalam kedua hidung 2-3 kali sehari.

Salep mentol

Kulit di sekitar lobang hidng bisa tegores dan teriritasi karena sering digosok atau dibersihakan. Untuk mengatasinya, oleskan salep mentol di bawah hidung. Salep mentol mempunyai kandungan yang bisa meredakan sakit pada kulit yang tergores. Selain itu, menghirup uap yang mengandung mentol bisa membantu membuka saluran pernapasan yang terblok.

Disamping itu, bisa juga meredakan batuk akibat flu. Tetapi, hati-hati jika menggunakan pada anak-anak. Pastikan anak Anda sudah berusia di atas 2 tahun.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara yang tradisional. Tetapi, cara ini efektif meredakan sakit pada tenggorokan. Berkumur dengan campuran air garam hangat 4 kali sehari bisa menjaga kelembaban tenggorokan yang terluka.

Nasal strip

Cara lain untuk meredakan hidung mampat terutama pada malam hari adalah dengan menggunakan nasal strip (sejenis plester yang bisa ditempel di hidung). Strip ini berfungsi membuka saluran pernapasan. Walaupun tidak bisa melegakan hidung sepenuhnya, tetapi bisa memperluas ruang saluran udara.

Demam

Demam merupakan cara penyembuhan alami. Kenaikan suhu tubuh secara aktif akan melawan flu. Hal ini karena kenaikan suhu membuat kuman penyebab flu tidak bisa bertahan hidup. Demam sedang dalam beberap hari akan membuat Anda merasa lebih baik. Tetapi, pastikan agar Anda tidak kekurangan cairan.

Tidur

Dengan segala rutinitas, kita hampir tidak punya waktu untuk tidur. Sediakan waktu untuk tidur dan beristirahat. Istirahat yang cukup bisa melawan kuman secara langsung. Selain itu, sangat penting untuk menjaga kehangatan tubuh. Hal ini akan membantu sel-sel imun untuk melawan kuman.

Sauna Ampuh Redakan Flu

BANYAK cara untuk terhindar dari berbagai penyakit. Namun apakah yang anda lakukan bila merasakan gatal di tenggorokan yang berarti sedikit lagi akan terserang penyakit flu. Berikut adalah beberapa cara unik untuk mengatasi gejala flu agar tidak berkelanjutan.

1. Berjalan cepat. Penelitian terbaru menunjukan bahwa berjalan cepat dapat meningkatkan tingkat kekebalan tubuh dan terhindar dari penyakit flu. Tetapi jangan berlari (anda justru akan menderita sakit bila berlebihan terhadap diri sendiri), dan bila gejala yang dirasakan lebih dari sekedar influenza, maka yang terbaik adalah istirahat di rumah.

2. Jangan meniup. Bila kedua hidung anda terasa penuh dengan lendir, maka meniup kedua lubang hidung bersamaan dan mengeluarkan lendir dengan paksa dapat menyebabkan sinusitis, yang memungkinkan terjadinya infeksi jangka panjang. Lebih baik Anda meminum obat atau meniup masing-masing lubang hidung satu persatu.

3. Mandi sauna. Hasil penelitian menunjukkan udara yang hangat, lembab, akan memberikan keuntungan seperti detoksifikasi pada tubuh sama ketika Anda minum banyak cairan ketika sakit, hal ini akan menghilangkan rasa dingin.

4. Minum jus buah panas. Meminum secangkir jus apel panas dan jus anggur dikatakan dapat menyembuhkan gejala influenza, batuk, tenggorokan sakit, dan hidung berlendir. Peneliti juga meneliti selain jus buah, minuman panas lain juga sama efektifnya.

5. Makan lada. Kunyah beberapa lada merah, vitamin C dosis tinggi yang dapat mengurangi intensitas gejala flu yang berkepanjangan. Makanan lain yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh: yogurt, bawang putih, rempah-rempah, teh hijau, dan labu.

Namun, ada satu cara yang sangat masuk akal dan sebanding: Istirahat dan pastikan tidur lebih dari 7 jam sehari. penelitian mengatakan orang yang tidur dalam waktu singkat maka akan tiga kali lebih mudah terserang penyakit flu.

Tips Sehat Mengatasi Flu, Pilek dan Influenz

Tips sehat mengatasi flu, pilek, influenza ini sebetulnya mudah dan murah. Bahkan tidak perlu ke dokter kalau memang belum diperlukan. Karena pada dasarnya penyakit ini akibat dari infeksi virus (Viral infection). Infeksi virus itu bersifat self limiting diseases, yang artinya bisa sembuh sendiri. Dengan usaha yang ringan kita bisa mengatasi flu, pilek dan influenza. Bagaimana tips mengatasi flu itu?

Berikut beberapa langkah yang saya lakukan. Lho kok saya? ya..karena dua hari ini saya, ( konsultasi kesehatan ) terbaring istirahat di tempat tidur karena tubuhku sudah tidak mampu mengatasi flu berat dan batuk.

  • Tirah baring, usahakan istirahat di temat tidur dengan tenang. Tinggalkan sejenak semua urusan. pusatkan ada pikiran bahwa saya harus sembuh dari penyakit ini. Dengan demikian sistem imun tubuh mendapat energi positif dari pikiran yang positif pula.
  • Minum air putih yang banyak. banyaknya sekuat anda minum. tidak melulu air putih saja, bisa air teh hangat, air hangat kuku,
  • Minum vitamin atau suplemen lainnya. Pada saat flu, sistem imun atau daya tahan tubuh menurun, membutuhkan bantuan dari luar. Inilah saat yang tepat minum vitamin atau madu dan lain-lain.
  • Usahakan makan yang seimbang gizinya.hindarkan makanan berlemak dan gorengan.
  • Berdoa, dengan berdoa semoga diberi kesembuhan. Dengan berdoa merangsang sistem daya tahan tubuh untuk meningkatkan kekebalan imunnya.

Kalau langkah-langkah mengatasi flu , pilek tersebut belum berhasil ya…kunjungi dokter anda. Tujuannya berobat ke dokter ini mempunyai dua tujuan , yaitu

  • Memastikan apakah ada infeksi tumpangan yang lain. maksudnya? untuk memastikan apakah infeksi flu murni atau infeksi tumpangan lainnya. Kalau hanya flu, pilek, batuk biasa tidak masalah. yang menjadi masalah adalah kalau ada co-infection dengan yang lain seperti URTI, DHF, tifus dan lain-lain. Karena gejala awal dari penyakit tersebut sama seperti gejala flu. Istilah kedokterannya, flu like syndroma. Jadi perlu hati-hatinya di sini.
  • Untuk mendapatkan obat-obatan yang sesuai dengan gejala yang ada. Seperti obat untuk penurun panas, obat untuk hidung tersumbat, untuk untuk mengencer dahak atau lendir, dan vitamin

Semoga kita semua terhindar dari penyakit flu, pilek dan influenza. semoga tips mengatasi flu ini bermanfaat buta rekan-rekan blogger, khususnya yang suka begadang pada malam hari. Sehat selalu dan terhindar dari flu, pilek dan influenza.

Tips Cegah Flu dan Pilek Secara Alami

Sakit flu sangat menjengkelkan, hidung meler karena pilek, kayak anak kecil aja ingusan. Dan saat awal-awal tahun dan musim hujan begini, risiko terkena pilek sangat besar, karena kemungkinan kita kehujanan juga sangat besar. Nah karena itu perlu sekali kawan-kawan tahu bagaimana tips mencegah flu/pilek, sehingga kita tetap sehat.

Cara mencegah flu dan pilek tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia tapi cukup dengan menguatkan sistem imun yang alami, sehingga tidak ada efek samping. Tips mencegah flu ini mengacu pada pendapat Dr. Michael Grossman, M.D. dan Jodi Jones, dalam buku mereka, The Vitality Connection: Ten Practical Ways to Optimize Your Health and Reverse the Aging Prosess.

Cara terbaik mencegah penyakit adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sedang menurut Grossman, pertahanan terbaik terhadap virus musiman tersebut adalah dengan menguatkan sistem imun.

Berikut ini tips mencegah sakit yang menurut mereka menguatkan pertahanan alamiah tubuh terhadap serangan flu dan pilek:

  • Makan satu buah jeruk setiap hari. Jeruk mengandung vitamin C, salah satu suplemen utama untuk memerangi pilek.
  • Istirahat yang cukup. Tubuh kita akan mengisi ulang energi ketika kita tidur sehingga bisa melawan serangan kuman penyakit.
  • Kurangi timbulnya stres yang bersamaan dengan kekecewaan emosional. Stres dapat melemahkan sistem imun tubuh.
  • Makan bawang putih setiap hari. Bawang putih dapat menguatkan sistem imun dan memerangi bakteri.
  • Banyak minum air putih.
  • Gunakan jahe pada masakan dan minuman. Jahe selain dapat menghangatkan tubuh juga memberi kekebalan tambahan dalam sistem pertahanan tubuh.
  • Makan makanan kaya vitamin E, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan padi-padian utuh.
  • Konsumsi makanan yang mengandung Zinc, seperti biji labu, gandum, dan sardin.
  • Jamu echinacea membantu mencegah pilek dan flu. Juga meminimalisir efeknya.
  • Sering mencuci tangan dengan sabun, agar bersih dari bakteri dan kuman.
  • Jaga kerongkongan agar tetap lembab. Penelitian di Inggris mengungkapkan, menghisap zinc lozenges secara drastis mengurangi jumlah dan tingkat keparahan pilek.
  • Olahraga ringan, dapat membantu menguatkan sistem imun minimal jalan selama 30 menit.
  • Hindari tempat yang banyak orang, terutama ditengah cuaca lembab dan dingin, dimana orang dengan pilek dan flu dapat menularkan penyakitnya.
  • Makan sup ayam ditambah bawang bombay dan bawang putih. Obat kuno ini berkhasiat karena meningkatkan aliran mucus hidung yang membuat kuman dikeluarkan dari sistem tubuh kita.
  • Jaga agar tubuh tetap hangat. Terpapar udara yang terlalu dingin atau basah dapat membuat Anda sakit. Jika kedinginan, mandi air hangat dan kenakan baju hangat.
  • Jaga udara di dalam rumah tetap lembap dengan menggunakan humidifier.
  • Minum jus wortel dan jus sayuran setiap hari. Vitamin-vitamin di dalam jus meningkatkan imunitas terhadap penyakit.
  • Makan yogurt minimal 1 cup sehari untuk mempertahankan bakteri baik di dalam sistem pencernaan.
  • Beri cabai pada makanan. Cabai atau makanan yang pedas membantu membersihkan membran mucous.
  • Minum jus nanas. Jus nanas kaya dengan enzim bromelain yang berkhasiat untuk kesehatan.
  • Minum ramuan pencegah flu. Caranya : seduh 1 sendok makan irisan horsedish atau jahe dengan 1 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu dan 2 butir cengkeh.
  • Makan bawang karena mengandung quercetin, suatu senyawa yang memerangi virus dan bakteri.
  • Jika hidung keburu meler, beri beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak angin pada wadah berisi air mendidih. Tutup kepala dengan handuk dan hirup uapnya.
  • Jangan merokok. Rokok dapat menimbulkan ketegangan pada sistem pernapasan.
  • Jaga sikap positif. Penelitian menunjukan, tetap bersemangat adalah kunci tetap sehat dan bahagia.

Grossman menyarankan memprioritaskan kesehatan. Luangkan waktu untuk merawat diri dulu sehingga Anda dapat tetap sehat dan menjaga kesehatan keluarga.

Dari semua tips mencegah pilek diatas Anda bisa lakukan sebagian, syukur kalau bisa semuanya, karena semuanya baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 142 pengikut lainnya

Tulisan Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
%d blogger menyukai ini: