“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

Tidak Masalah Balita Makan Es Krim

Tidak Masalah Balita Makan Es Krim

 

Buang jauh-jauh anggapan: es krim penyebab si kecil batuk dan pilek! Justru es krim kini jadi salah satu camilan yang dianjurkan untuk anak balita.

Tahun 2003 silam, ada sejenis es krim yang dikenal dengan es krim Modisco alias Modified Dread Skimmed Milk and Coconut yang dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari Makasar, Sulawesi Selatan, yaitu Siti Nur R., SKM, Zakaria, Hendriyati, DCN, dan Lydia Fanny, DCN. Tujuan awal menciptakan es krim ini adalah menjadikannya camilan bagi anak-anak balita yang kekurangan gizi. Menurut para penciptanya, Modisco dapat membantu memenuhi kebutuhan energi anak balita sekitar 12,5–17,6% dan kebutuhan protein sekitar 27,4–30%.

Selain protein, lemak dan karbohidrat, es krim mengandung beberapa jenis vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, dan niasin. Es krim juga mengandung mineral kalsium yang dibutuhkan balita untuk membantu pembentukan dan perkembangan tulang dan gigi, serta membantu mengatur dan memelihara kerja saraf dan otot.

Dijamin aman. Umumnya, es krim dibuat dengan bahan baku utama berupa krim. Makanya, produk ini diberi nama es krim! Tapi, kini ada es krim yang dibuat dengan menggunakan bahan baku lain, seperti mentega, susu kental, susu bubuk, susu kental manis, susu krim manis, dan evaporated oil.

Selain bergizi, es krim juga terbukti aman dikonsumsi balita. Riset G.J. Connet dan B.W. Lee menemukan, penyakit infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak, seperti hidung tersumbat, pilek, dan radang tenggorokan baru akan muncul bila daya tahan saluran pernapasan terhadap udara dingin atau rendah menurun. Dengan kata lain, pilek dan hidung tersumbat akibat makan es krim hanya akan timbul jika balita makan es krim dalam kondisi badan tidak sehat, dan dalam jumlah berlebihan!

Makan es krim bisa membuat balita kegemukan? Selama berat badan balita tergolong normal, asupan lemak sebanyak 20-30 gram per hari dari es krim yang dimakannya, tidak akan membuatnya mengalami obesitas. Tapi, kalau kebetulan berat badan balita sudah termasuk berlebihan, batasi konsumsi es krim sebanyak satu porsi dalam seminggu. Jadi, jangan ragu-ragu maupun khawatir untuk sekali-kali memanjakan balita dengan memberikan makanan yang enak, dan bergizi tinggi ini!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya

Tulisan Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
%d blogger menyukai ini: