“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

Gelato Sama Dengan Es Krim?

Gelato Sama Dengan Es Krim?

Anda pernah dengar kata “gelato”? Jika mampir ke restoran Italia, Anda pasti akan menemukannya dalam daftar menu.

Orang-orang Italia menyebut es krim dengan sebutan gelato. Namun masyarakat internasional tidak sepakat dengan hal ini. Mereka menganggap es krim tidak sama dengan gelato.
Sekitar tiga abad yang lalu, Italia bagian utara dan selatan menciptakan dua resep gelato yang berbeda. Di utara, orang-orang Dolomite membuat gelato dari susu segar, krim dan gula. Sedangkan di Sisilia, Italia Selatan, gelato dibuat dari air dan buah segar.

Nah, kalau Anda bingung apakah gelato sama dengan es krim, berikut penjelasan dari ahli kuliner soal keduanya

Pertama
Gelato memilki kandungan lemak mentega yang lebih sedikit daripada es krim. Pada beberapa penelitian, gelato rasa vanila dan coklat memiliki kurang dari 10 persen lemak mentega. Namun hal ini tidak mengurangi kadar rasanya. Bahkan gelato dianggap lebih nikmat daripada es krim dan mencair lebih cepat di mulut.

Kedua
Gelato memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding es krim. Es krim diproduksi dengan campuran krim, susu, dan gula yang kemudian ditambah udara. Hal ini dilakukan untuk menambah dua kali lipat kuantitas es krim, tapi mengurangi kualitas setengahnya. Sedangkan gelato tidak ditambahkan udara sehingga terciptalah makanan penutup dengan kualitas tinggi dan kaya krim.

Ketiga
Gelato dihidangkan sedikit lebih hangat dari es krim, yakni sekitar 10 sampai 15 derajat. Karena itu teksturnya lebih lembut dan rasanya akan lebih nikmat ketika mencair di mulut Anda. Gelato menggunakan buah-buahan segar, kacang, coklat, susu, krim, dan tidak menggunakan sirup seperti halnya es krim.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya

Tulisan Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
%d blogger menyukai ini: