“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

BAHAYA DUST EXPLOSION PADA PRODUK PANGAN

BAHAYA DUST EXPLOSION PADA PRODUK PANGAN

created by Rizky Kurnia ITP-FTP UB 2006

Ketika material mudah terbakar dan tidak mudah terbakar berubah menjadi debu halus tau berupa bubuk, maka debu tersebut dapat menciptakan ledakan yang berbahaya. Pada umumnya material padat yang dapat terbakar akan menyebabkan ledakan awan debu jika ukuran partikelnya cukup kecil. Contoh material yang dapat meledak yaitu : kayu, karet, kertas, plastic, tepung, gula, biji-bijian, bahan kimia organic padat, batu bara, cat, dan berbagai macam logam.

Terkumpulnya debu di lantai, atap sebuah tangki atau vessel, tiang penyangga, kumpulan kabel atau langit-langit dapat menyebabkan terjadinya ledakan awan debu jika pada suatu kesempatan tergerak/terangkat ke udara. Lapisan debu setebal 1/32 inchi (kurang dari 1 mm) di atas permukaan terbuka dapat menyebabkan ledakan ketika tersuspensi ke udara.

Cara mencegah kebakaran dari ledakan debu ini yaitu dengan kontrol “Dust Explosion Pentagon”. Kontrol ini meliputi The Tradisional Fire Triagle (segitiga api), yang meliputi bahan bakar (fuel), sumber panas (heat), dan kandungan kadar Oksigen pada awan debu dan ruangan tertutup. Menjaga permukaan debu tetap minimum (fuel) pada tempat kerja dengan pengontrol debu dan alat bantu rumah tangga seperti sikat bulu halus. Mengontrol api dan sumber yang dapat menyalakan api (heat) seperti peralatan yang panas, listrik statis, pematik api, api terbuka, tidak diperbolehkan merokok pada ruang kerja. Kandungan Oksigen dalam ruangan dapat dikontrol dengan mengkondisikan ruangan agar lembab sehingga mengurangi kecenderungan percikan api, karena Oksigen dapat memacu pembakaran api. Dilihat dari bahaya ledakan debu, CalOSHA bab  bagian 5174, batasan debu material mudah terbakar sebanyak konsentrasi 25% yang merupakan batasan ledakan terendah/ Lower Exploison Limit (LEL)., kecuali semua sumber dari pembakaran dihilangkan/diidentifikasi, dan secara spesifik dikontrol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 139 pengikut lainnya

Tulisan Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
%d blogger menyukai ini: