“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

ANEKA PRODUK MINUMAN

BAHAN TAMBAHAN MAKANAN (BTM)

ANEKA PRODUK MINUMAN

(CREATED BY MAHASISWA ITP-UB 2006)

Minuman Karbonasi


EDTA.
Agar minuman tsb tetap bisa mengeluarkan sodanya, ada suatu bahan khusus yang ditambahkan, yakni EDTA yang berfungsi memperpanjang daya tahan soda dalam minuman tsb.

Bila Kelebihan :

Hanya saja, bila tubuh kelebihan mengkonsumsi bahan ini, bisa mengganggu fungsi tubuh. Yang pertama, bisa menghambat penyerapan vitamin dalam tubuh. Lalu, juga mempengaruhi keseimbangan kalsium, zat yang dibutuhkan tulang anak untuk tumbuh akan terganggu. Parahnya, jika ketidak seimbangan ini bila berlangsung lama dan kontinyu, akan mengganggu fungsi ginjal.

Karbohidrat

Berasal dari gula hasil penambahan ke dalam minuman, berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh untuk aktivitas otak, pembentukan sel darah merah dan sisitem saraf, serta menbantu dalam proses metabolisme protein dan lemak.

Asamsitrat
Minuman karbonasi/soda, kadang-kadang terasa asam/masam. Rasa inipun akibat diberi bahan tambahan. Tujuan pemberian asam dalam minuman untuk memberikan rasa masam. Dengan adanya rasa masam, maka rasa manisnya gula akan terasa lebih menggoda. Dengan adanya bahan ini inversi (penyebaran) gula dalam minuman bisa lebih cepat.

Bila Berlebihan :

Dan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, serta iritasi pada lambung. (Annonymous¹,2009)

Karbondioksida

Selain menimbulkan sensory effect nyess, karbonasi dapat berfungsi sebagai penghambat bertumbuhnya bakteri dan mikroba. “Karbonasi dalam minuman dinyatakan aman dan disetujui oleh regulasi diberbagai negara,” kata pakar makanan dan minuman dari IPB ini. (Made Astawan).

Pada minuman karbonasi merk ”Coca Cola” menunjukkan kandungan gula dan kalori dalam soft drink hampir sama dengan jus buah. Sebotol Coca Cola classic, misalnya,mengandung gula dan kalori lebih sedikit dari jus orange atau jus apel. Tubuh tidak dapat membedakan konsumsi gula dari jus buah maupun dari soft drink tadi. (Iskandar Zulkarnain).

Minuman Berenergi

Menurut Dr. Fransiska Rungkat Zakaria, MSc. dari Bagian Biokimia Pangan dan Gizi Departemen teknologi Panganan Gizi, Fateta, IPB, bila hanya ditilik dari artinya, energy drink adalah minuman yang memberikan enerji. Jenisnya bisa bermacam-macam. Sumber enerji bagi tubuh manusia bisa berasal dari karbohidrat, protein, atau lemak.

Kandungan :

Kafein

Kafein adalah sejenis obat yang efektif dan bekerja cepat menghasilkan efek menyerupai respon tubuh terhadap stress. Pengaruh atau dampak kafein terhadap tubuh seseorang berbeda-beda, tergantung pada kondisi masing-masing orang tersebut namun intinya kafein akan memberikan pengaruh yang sama terhadap semua tubuh dan fikiran. Kafein akan merangsang otak meningkatkan intensitas aktivitas mental dan fisik sehingga berakibat tubuh untuk sementara merasa segar dan tidak mengantuk.

Ephedrine

Stimulan (zat perangsang) yang bekerja pada sistem saraf pusat.Zat ini merupakan kandunga yang umum terdapat dalam obat-obatan pelangsing dan pelega hidung tersumbat.

Taurine

Asam amino alami yang dihasilkan tubuh yang fungsinya mengatur detak jantung dan kontraksi otot.

Ginseng

Akar tumbuhan yang diyakini berkhasiat, diantaranya mengurangi stress dan meningkatkan energi

Vitamin B Kompleks

Kelompok vitamin yang mengubah gula menjadi energi dan memperbaiki tonus (kekencangan) otot.

Biji Guarana

Stimulan yang berasal dari tumbuhan kecil dari Brazil dan Venezuela

Carnitine

Asam amino yang berperan dalam metabolisme asam lemak

Creatine

Asam organik yang memberi energi untuk kontraksi otot

Ginkgo Biloba

Terbuat dari biji pohon ginkgo biloba, diyakini meningkatkan daya ingat

Bila kelebihan :

Penggunaan ephedrine secara berlebihan, bisa menimbulkan masalah jantung, hipertensi, ginjal, atau hati.

(Annonymous²,2009)

Akan tetapi pada tanggal 26 Desember 2001, BPOM melarang pembuatan bahan makanan maupun bahan sediaan jadi obat tradisional dan suplemen makanan yang mengandung ephederine (Kep. BPOM,2001)

Kafein akan merangsang otak meningkatkan intensitas aktivitas mental dan fisik sehingga berakibat tubuh untuk sementara merasa segar dan tidak mengantuk. Akan tetapi jika dilakukan terus meneerus juga akan merusak tubuh, karena tubuh dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya.

Minuman Jus Buah Dan Sayur

Mengonsumsi jus buah dan sayur akan menberikan mamfaat yang besar terhadap kesehatan, karena bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Buah dan sayuran yang digunakan untuk menbuat jus hendaknya mempunyai tingkat kematangan yang optimal, tetapi jangan sampai kelewat matang karena banyak zat gizi yang belum terbentuk sempurna.

Terkadang jus memiliki rasa yang hambar dan asam, sehingga perlu ditambahkan bahan tambahan seperti simple sirup atau madu namun penambahan ini sedapatnya jangan dilakukan terutama bagi penderita diabetes melitus. Pembuatan jus buah dan sayur juga bisa ditambahkan garam biar bisa memberikan rasa yang lebih enak serta penambahan natrium sitrat untuk memperpanjang daya simpan jus yang dikemas dalam cup.

DAFTAR PUSTAKA

Annonymous¹,2009.Awas Minuman Soda atau Karbonasi. http://andluna.wordpress.com

Iskandar Zulkarnain,2009.121 Tahun Coca Cola (2):Menjaga Mutu Minuman Berkelas Dunia.www.lampungpost.com

Annonymous²,2009.dibalik minuman berenergi.http://budzpower.dagdigdug.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya

Tulisan Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
%d blogger menyukai ini: