“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

PASCA PANEN

SEKILAS INFO: KENAPA BISA TERJADI?

 

1. Question: Mengapa apel yang disimpan pada RH 95% mengalami proses pelayuan yang lebih rendah sekitar 25% dari pada apel yg disimpan pada kondisi RH 40%?

Answer: Jumlah uap air di sekitar komoditas dapat mempengaruhi kelakuan fisiologisnya. Selain itu, proses pelayuan komoditas dapat dipengaruhi RH komoditas itu sendiri. Apel memiliki RH ± 90%, sehingga apabila apel disimpan pada RH 95% maka yang terjadi adalah apel akan cepat mengalami titik jenuh. Hal ini terjadi karena air yang ada pada apel akan menguap dan akan mengalami kejenuhan pada ruangan tersebut. Tingkat kejenuhan tersebut akan mengakibatkan proses pelayuan yang rendah.


Untuk apel yang disimpan pada RH 45%, apel akan mengalami penguapan yang terus menerus karena RH ruang penyimpanan lebih rendah dari RH apel. Berat apel akan berkurang dan komoditas akan menjadi layu/kisut akibat dari terjadinya penguapan terus menerus.

2. Question: Mengapa pisang yang disimpan pada RH rendah nampak lebih cepat masak dari pada yg disimpan pada RH tinggi?

    Answer: Hal ini berkaitan dengan adanya penambahan etilen pada ruang penyimpanan pisang. Menurut Arthey and Ashurst (1996), ruang pemasakan pisang diatur pada suhu 14-20º C. Biasanya ruangan diatur dengan kelembaban yang tinggi, untuk mencegah pelayuan, tetapi khusus pada ruang penyimpanan pisang, kelembaban harus dikurangi ketika proses pemasakan dimulai. Hal ini dilakukan karena etilen yang ditambahkan dapat bekerja optimal pada kondisi kelembaban yang rendah. Pemberian etilen tidak efektif jika tekanan udara lebih rendah dari tekanan atmosfer.


 

Reference:

Arthey, D. and Ashurst, P. R. (1996). Fruit Processing. Blackie Academic & Professional, Chapman & Hall, London.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 139 pengikut lainnya

Tulisan Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
%d blogger menyukai ini: