“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

DRAGON FRUIT

Buah Naga

(CREATED BY:MAHASISWA ILMU TEKNOLOGI PANGAN-UB)

Buah naga (pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan juga Indonesia. Berdasarkan beberapa sumber, buah naga belum banyak dibudidayakan di Indonesia, sementara ini data yang diperoleh baru di daerah Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Bayuwangi, dan Ponorogo, dengan luas area masing-masing tidak lebih dari 3 ha.

Buah naga yang sering disebut juga kaktus manis atau kaktus madu terbilang buah yang baru dikenal di Indonesia, meski begitu namanya belakangan ini menjadi buah bibir di masyarakat luas. Penampilan buah ini sangat unik dan menarik. Ukurannya sebesar mangga gedong gincu, dengan warna merah menyala dengan kulit buah seperti sisik ular besar (naga), tetapi bukan karena itu buah ini dikenal sebagai dragon fruit.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah sehingga buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah jadi mencolok sekali di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Thang loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Macam-macam Buah Naga

  1. Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.

    Delight merupakan jenis hybrida mempunyai daging buah merah jambu banyak ditanam didaerah California,mempunyai penampilan pingk menyala, rasa daging buah lembut dan manis. Buahnya berukutan sedang 250-500 gr berbuah tak begitu lebat, namun baik untuk tanaman hias.

  2. Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.

    Red Jaina merupakan jenis berwarna merah tua, dibudidayakan untuk keperluan industri makanan dan minuman rasanya agak manis, jenis buah ini baik untuk dimakan serta dipakai untuk berbagai bahan minuman seperti juice, ice cream. Buahnya berukuran sedang 220-500 gr, tak baik untuk tanaman hias.

  3. Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.

    Jenis ini berbeda dengan jenis lainnya termasuk tanaman langka pertumbuhannya lambat tapi dapat merambat, warna menarik aroma dan rasana enak. Namun kebanyakan ditanam oleh kolektor, tidak untuk dibudidayakan secara komersial. Sangat baik untuk tumbuhan penghias gedung tinggi karena dapat merambat pada tembok.

  4. Hylocereus costaricensis, buah naga daging super merah.

    Jenis buah naga ini merupakan hasil budidaya sebuah Universitas di Honduras. Berwarna merah tua menyala, rasanya manis beraroma lembut. Buah berukuran sedang 250-500 gr. Baik utuk dimakan sebagai buah, dijadikan sebagai bahan olahan seperti ice cream, juice, sirop atau garnis.

            

                 

Gambar 1. Hylocereus undatus            Gambar 2. Hylocereus polyrhizus

            

                     

Gambar 3. Selenicereus megalanthus        Gambar 4. Hylocereus costaricensis

 

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Naga

Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, karena buah naga mengandung kadar air tinggi sekitar 90 % dari berat buah. Rasanya cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks. Adapun kandungan gizi yang dimiliki buah naga seperti yang tercantum dalam tabel berikut :

Kandungan gizi per 100 gram daging buah naga

Komponen 

Kadar 

Air (g) 

82,5 – 83,0 

Protein (g) 

0,16 – 0,23 

Lemak (g) 

0,21 – 0,61 

Serat/dietary fiber (g)

0,7 – 0,9 

Betakaroten (mg) 

0,005 – 0,012 

Kalsium (mg) 

6,3 – 8,8 

Fosfor (mg) 

30,2 – 36,1 

Besi (mg) 

0,55 – 0,65 

Vitamin B1 (mg) 

0,28 – 0,30 

Vitamin B2 (mg) 

0,043 – 0,045 

Vitamin C (mg) 

8 – 9 

Niasin (mg) 

1,297 – 1,300 

Sumber: Taiwan Food Industry
Develop & Reearch Authorities (2005)

Buah naga mempunyai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah, pelindung kesehatan mulut, pencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, pencegah pendarahan dan mengobati keluhan keputihan.

Kandungan serat pada buah naga sangat baik, mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol, dimana dalam saluran pencernaan serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama tinja. Dengan demikian, semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan serat pada buah naga juga sangat berguna dalam sistem pencernaan. Serat pangan (dietary fiber) mampu memperpendek transit time, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Berkat transit time yang pendek, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga semakin pendek, sehingga dapat mengurangi potensi terserang kanker usus.

Setiap buah naga merah mengandungi protein yang mampu meningkatkan
metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung, serat (mencegah kanker usus, kencing manis dan diet), karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit), kalsium (menguatkan tulang). Buah naga juga mengandungi zat besi untuk menambah darah, vitamin B1 (mencegah demam), vitamin B2 (menambah selera), vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat). Semakin merah warnanya semakin banyak pula unsur beta karoten yang ada didalamnya, oleh sebap itu orang lebih suka memilih jenis buah naga berjenis merah.

 

Potensi Pengembangan Buah Naga sebagai Bahan Baku Wine

Buah naga dapat langsung dikonsumsi dalam keadaan segar, yaitu setelah masak dan empuk. Bijinya yang mirip biji selasih, dapat dimakan tanpa mengganggu kesehatan. Daging buahnya terasa sangat menyegarkan dan manis, sehingga sering dipromosikan lebih manis daripada semangka, meski agak sedikit asam. Buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai produk seperti, juice kemasan, jelly, ice cream, sirup untuk minuman ringan, dan soup.

Buah naga merah dapat juga dijadikan wine (minuman fermentasi) seperti yang telah dikembangkan oleh Juan Antonia Barrera, di Meksiko. Namun demikian, pengolahan ini belum banyak dikembangkan, sehingga merupakan kesempatan besar sebagai salah satu industri baru yang dapat dikembangkan, dan tidak menutup kemungkinan minuman ini dapat populer seperti wine yang berbahan baku buah anggur.

Proses pembuatan wine dengan bahan baku buah naga tidak berbeda dengan pembuatan wine berbahan baku buah anggur. Pada wine buah naga, bagian yang diolah hanya bagian daging buahnya. Biasanya berasal dari jenis Hylocereus costaricensis (buah naga daging super merah), karena dapat menghasilkan wine dengan tampilan warna yang paling menarik, yaitu merah terang.


            Gambar 5. Proses pembuatan wine secara umum

 

Salah satu perusahaan pionir penghasil wine dengan bahan baku buah naga di Malaysia, Agriville Plantations Sdn Bhd milik
Lee Yuh Ching (45),
menyatakan bahwa proses fermentasi wine dari buah naga mengacu pada proses pembuatan wine dari anggur. Wine dengan bahan baku buah naga difermentasi selama 2,5 bulan sebelum disaring dan dikemas. Selain itu, Lee juga menyatakan bahwa seperti wine pada umumnya, proses penyimpanan (aging) juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan cita rasa dan aroma wine.

 


Gambar 6. Kluang, wine dari buah naga produksi Agriville Plantations Sdn Bhd, Malaysia

 

Daftar Pustaka

Anonymous, 2009. Buah Naga. http://www.wikipedia.org/wiki_buahnaga Diakses 13 November 2009

Benjamin, Nelson. 2008. Going Place with Dragon Fruit. http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://2.bp.blogspot.com/ /Q1FUg0ToSRo/s400/mizrahi/html Diakses 24 November 2009

Happy, Martha. 2007. Buah Naga – Dragon Fruit. http://happy-ordinarygirl.blogspot.com/2007/02/buah-nagadragon-fruit.html Diakses 24 November 2009

Kuntajaya, Ahmad. 2009. Khasiat Buah Naga. http://anakbangsa69.wordpress.com/2009/03/04/khasiat-buah-naga/ Diakses 13 November 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 139 pengikut lainnya

Tulisan Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
%d blogger menyukai ini: