“Allahumma tawwi umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ibadikas salihina”

BISNIS PLAN SEDERHANA SABUN

RENCANA BISNIS

SABUN TRANSPARANT AROMATERAPI

“HELIOS”

BAB I

RINGKASAN

PT. Helianth Group adalah suatu perusahaan berbentuk perseroan terbatas yang bergerak ddalam bidang industri sabun transparent aromaterapi dimana dapat digunakan sebagai sabun mandi dan aromaterapi. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan penduduk Indonesia yang sadar akan kebersihan diri. PT. Helianth Group memberikan inovasi baru terhadap tampilan sabun yaitu sabun transparent dengan berbagai manfaat yang sangat berguna untuk perawatan kulit. Dengan demikian PT. Helianth Group mendukung sangat mengharapkan kepada masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan kulit.

Perusahaan ini memberikan sabun alternative yaitu sabun transparan yang berbahan baku biji bunga matahari dan kapulaga. Produk yang dihasilkan adalah sabun transparan “Helios” yang mampu merawat kulit, melembabkan kulit, menjaga radikal bebas yang dapat merusak kulit, dan mencegah penuaan dinil

Kelebihan sabun transparan aromaterapi “Helios” dibandingkan dengan sabun lain adalah sabun tersebut memiliki penampilan yang menawan dan transparan, lebih lunak karena tidak ada alkali yang tertinggal, menggunakan bahan alami yaitu berasal dari biji bunga matahari dan kapulaga, memiliki vitamin yang digunakan untuk nutrisi kulit, tidak menyebabkan alergi, dan mampu menghambat penuaan dini. Sabun transparan ini sangat cocok untuk remaja dan dewasa terutama yang sangat memperhatikan kecantikan kulit. Selain itu, kualitas produksi sabun transparan aromaterapi ini menerapkan teknologi pembuatan yang bersifat sederhana dan modern melalui pemilihan bahan baku yang berkualitas, serta lebih meperhatikan permintaan pasar dan produk tersebut memiliki dua fungsi yaitu sebagai sabun mandi dan aromaterapi. Dengan demikian, sabun transparent aromaterapi mempunyai prospek yang sangat baik sebagai kebutuhan pokok yang mampu berkembang di pasaran.

Target pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Helianth Group adalah semua masyarakat terutama untuk kalangan menengah keatas. Produk sabun transparent aromaterapi ini dipasarkan melalui pasar local, supermarket, slaon-salon kecantikan, dan hotel-hotel. Produk ini berbahan dasar biji bunga matahari dan kapulaga yang harganya relatif murah, jumlah bunga matahari dan kapulaga yang relative banyak tumbuh di daerah sekitar lokasi perusahaan serta kapasitas panennya tinggi, sehingga harga produk sabun ini relatif terjangkau.

Sabun transparent aromaterapi ini merupakan sabun two in one yang dikemas dalam karton agar higienis dan tidak mudah terkena kontaminasi. Per karton berisi 80 g sabun dengan harga Rp. 4000,-

BAB II

DESKRIPSI PERUSAHAAN

A.    Deskripsi Umum Perusahaan

PT. Helianth Group merupakan suatu jenis badan usaha berbentuk peseroan terbatas yang bergelut dalam bidang industri pembuatan sabun transparan aromaterapi dimana dapat digunakan sebagai sabun mandi dan aromaterapi dengan bahan dasar biji bunga matahari dan kapulaga. Pendirian PT. Helianth Group membutuhkan perizinan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Malang dan surat izin Departemen Kesehatan. Perusahaan Helianth Group rencananya akan didirikan pada awal tahun 2010 yang berlokasi Jl. Semangka 1 Batu Malang diatas tanah dengan luas ± 25000 m2 dengan luas bangunan ± 15000 meter persegi dan lahan perkebunan sebesar ± 8000 meter persegi yang terdiri dari 5000 meter persegi area perkebunan bunga matahari dan 3000 meter persegi adalah area perkebunan kapulaga yang terletak ± 500 m2 tepat dibelakang perusahaan induk. Perusahaan ini dipelopori oleh 5 orang dengan latar belakang pendidikan kimia murni yang dibantu beberapa pekerja dan untuk bisa menjalankan perusahaan ini diadakan kerjasama dengan petani bunga matahari di daerah Batu Malang.

Struktur managemen perusahaan tediri atas pemilik perusahaan yang merangkap sebagai direktur utama dan dibantu oleh 20 orang karyawan yang langsung memegang kendali untuk setiap sub divisi, yaitu divisi produksi, administrasi dan keuangan, pemasaran, dan pengembangan produk. Perusahaan ini dibangun di daerah dataran tinggi dimana sesuai juga untuk budidaya bunga matahari. Perusahaan ini terletak didaerah yang cukup strategis karena lokasi perusahaan yang dekat dengan agrowisata yang merupakan sentra distribusi pemasaran penjualan. Walaupun demikian perusahaan ini tetap mematuhi dan memerhatikan ketentuan-ketentuan mengenai tata letak pendirian perusahan dan cara pengolahan limbah agar tidak berdampak buruk pada lingkungan sekitarnya. Perusahaan ini pun sudah mengantongi surat izin AMDAL dari dinas setempat. Perusahaan ini memiliki keunggulan yaitu memperkerjakan orang-orang yang telah berkompeten dibidangnya untuk menghasilkan produk sabun yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dengan target pemasaran yang tepat serta pemakaian sistem manajemen yang berkualitas guna menyokong perusahaan ini agar mampu bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, yang menjadi keunggulan dari perusahaan ini adalah adanya jaminan keselamatan kerja bagi pekerjanya dan masing-masing pekerja diasuransikan untuk menjamin kesejahteraan pekerjanya.

B. Latar Belakang Industri

Mandi adalah salah satu kebiasaan hidup manusia sehari-hari, yang berguna untuk membersihkan seluruh tubuh dari keringat dan kotoran yang melekat. Salah satu cara untuk membersihkan tubuh pada waktu mandi tersebut adalah dengan menggunakan sabun mandi. Sabun mandi sudah sangat populer di masyarakat dan hampir seluruh lapisan masyarakat memakainya.

Sabun didefinisikan sebagai produk dari proses saponifikasi atau netralisasi minyak, lemak, lilin, rosin, dengan basa     organic tertentu. Sabun mandi saat ini merupakan kebutuhan yang cukup vital dalam kehidupan manusia. Karena itu, dengan meningkatnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan sabun mandi juga meningkat. Kenyataan sehari-hari memperlihatkan bahwa kebutuhan mandi memakai sabun mandi adalah ciri manusia modern. Semakin tinggi tingkat pendidikan, yang biasanya diikuti dengan semakin tinggi tingkat kesadaran akan kebersihan, sehingga sabun mandi merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan.

Banyaknya jenis dan merek sabun mandi yang beredar, membuat konsumen mempunyai banyak alternative pilihan serta makin kritis, hati-hati, dan selektif dalam memilih sabun mandi yang sesuai dengan kebutuhannya. Jenis sabun bermacam-macam diantaranya adalah sabun transparan, sabun deodorant, sabun anti jerawat, sabun superfatted, sabun kosmetik, sabun oatmeal dan sabun alami. Sabun transparan merupakaan inovasi jenis sabun baru dimana sabun tersebut tembus pandang dengan tampilan yang jernih dan cenderung memiliki kadar yang ringan.

PT. Helianth Group memproduksi sabun transparan aromaterapi yang dapat berfungsi sebagai sabun dan aromaterapi dengan bahan dasar biji bunga matahari dan kapulaga dengan tujuan meningkatkan nilai ekonomi dari biji bunga matahari dan kapulaga.

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) merupakan tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. tumbuhan ini cocok tumbuh pada tempat dengan iklim subtropik. Di daerah tropika hasilnya tinggi jika ditanam pada dataran tinggi.

Minyak biji bunga matahari kualitasnya dinilai hampir setara dengan minyak zaitun. Karena itu ia digunakan secara luas sebagai pengganti minyak-minyak sayur. Dan kualatis terbaik dari minyak bunga matahari ini didapat dari varietas biji hitam dengan kandungan minyak sekitar 50 hingga 60 persen. Kandungan berbagai nutrisi biji bunga matahari adalah asam linoleat/omega 6, asam oleat/omega 9, vitamin E, vitamin B kompleks (riboflavin, thiamin, niacin, biotin, folat),vitamin K, protein, fitosterol, dan berbagai mineral. Kandungan nutrisi biji bunga matahari ini sangat bermanfaat bagi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit manusia yaitu berfungsi untuk menyempurnakan kulit (kulit lebih lentur, halus, cerah dan sehat), mencegah kerusakan sel-sel kulit, membantu regenerasinya, memerangi radikal bebas, menghambat penuaan dini, untuk perbaikan sel-sel tubuh dan memperbaiki sel kulit yang rusak akibat sinar matahari, dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Kapulaga (Amomum cardamomum) selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu dan pembuatan aromaterapi. Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain. Kapulaga memiliki kandungan minyak atsiri yang memiliki kandungan lima zat utama, yaitu borneol (suatu terpena) yang berbau kamper, alfa-terpinilasetat yang harum seperti bau jeruk pettigrain, limonen yang juga harum seperti bau jeruk keprok, alfa terpinen yang harum seperti jeruk sitrun, cineol yang sedap agak pedas menghangatkan seperti minyak kayu putih. Kandungan minyak atsiri kapulaga berasal dari buah dan biji. Minyak atsiri bersifat mudah menguap karena titik uapnya rendah. Selain itu, susunan senyawa komponennya kuat mempengaruhi saraf manusia (terutama di hidung) sehingga seringkali memberikan efek psikologis tertentu (baunya kuat). Kapulaga bebau sangat wangi sehingga sangat cocok digunakan sebagai pewangi alami dalam pembuatan sabun dan aromaterapi.

C.    Riwayat Perusahaan

Nama Usaha    : PT. Helianth Group

Alamat Usaha    : Jl. Semangka 1 Batu Malang

Nama Pemilik    : Surya Jayadi

Alamat Pemilik    : Jl. A. Yani 35 Batu Malang

Tahun Berdiri    : Januari 2010

Sertifikasi    :

  1. Surat izin pendirian usaha dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Malang.
  2. Surat izin Departemen Kesehatan

Personal Manajemen    :

  1. Bagian Administrasi dan keuangan    : Christina Rachmawati
  2. Bagian Produksi                : Ira Ustiningrum
  3. Bagian Pemasaran                : Nur Hayba Islamiyah
  4. Bagian Pengembangan Produk        : Hasan

D.    Tujuan Perusahaan

Untuk meningkatkan nilai ekonomis biji bunga matahari sebagai barang kebutuhan primer untuk menjaga kebersihan tubuh masyarakat Indonesia, menghasilkan produk olahan dengan kualitas bertaraf internasional dan membuka lapangan kerja baru guna mengurangi tingkat penggangguran.

E.    Ciri Khusus Produk

Produk yang ditawarkan oleh PT. Helianth Group adalah produk sabun transparan aromaterapi dengan berbahan dasar biji bunga matahari dan kapulaga bermerek “Helios”, yang memiliki dua fungsi yaitu sebagai sabun mandi dan untuk aromaterapi. Produk dikemas dalam karton.

BAB III

BAGIAN PEMASARAN

  1. RISET DAN ANALISIS
    1. Pasar Sasaran (Konsumen)

      Sasaran pasar berdasarkan dibagi atas dua macam yaitu

      1. Remaja umur 14-20 thn

        Orang remaja dengan tipikal peduli kesehatan kulit khususnya perempuan, tingkat aktivitras tinggi, tinggal di daerah perkotaan dan tidak sensitive terhadap harga.

      2. Dewasa umur 20-35 thn

        Orang dewasa dengan tipikal suka menjaga kesehatan kulit, khususnya perempuan, tingkat aktivitas tinggi, tinggal di perkotaan, tidak sensitive terhadap harga.

    2. Ukuran dan Trend Pasar

      Trend pasar untuk produk sabun transparan aromaterapi dapat di estimasi secara analisis teknik akan mengalami trend yang akan terus meningkat dimana produk ini memiliki banyak fungsi lain selain sekedar sabun. Dengan bertambahnya konsumen dan kepercayaan konsumen terhadap produk ini maka dapat dimungkinkan dalam kurun waktu satu tahun produk ini telah mendapatkan brand image yang kuat.

    3. Persaingan

      Peta persaingan penjualan sabun dapat dibagi menjadi beberapa segmen berdasarkan jenis sabun yang diproduksi hal ini meliputi:

      1.    Sabun kesehatan

      2.    Sabun kecantikan

      3.    Sabun cair

      4.    Sabun cuci

      5.    Sabun alternatif

      Jenis sabun transparan termasuk pada jenis sabun alternatif. Pada segmen ini masih belum ada market leader yang cukup dominan untuk mengendalikan alur pangsa pasar. Dapat dikatakan bahwa segmen ini belum digarap secara maksimal. Mengacu pada peta persaingan ini maka dapat dilaksanakan analisis SWOT untuk mengindikasikan kekuatan perusahaan ditengah kancah persaingan usaha. Berikut ini adalah analisis yang dapat dikemukakan:

      1. Strength (Kekuatan)

        Pasar sabun alternatif pada dasarnya mengarah ke pasar menengah keatas. Dalam hal ini persaingan harga tidak menjadi kendala utama. Pertimbangan dari konsumen cenderung menuju segi kualitas bukan kuantitas. Jika ditinjau dari kualitas maka sabun transparan “Helios” memiliki tingkat kualitas yang unggul. Hal ini mengacu pada fungsi sabun yang multiguna yakni sebagai sabun mandi dan sebagai substansi aromaterapi. Hal ini ditunjang dengan klasifikasi laboratorium yang dapat dijadikan sebagai patokan kualitas. Kelebihan lain dari perusahaan adalah belum adanya varian produk sejenis di lapangan sehingga tidak ada kompetisi antara produk identik.

      2. Weakness (Kelemahan)

        Perusahaan “Helios” merupakan sebuah badan usaha dengam modal yang terbatas. Hal ini akan menjadi faktor restriksi ekspansi pasar secara besar-besaran. Hal ini umumnya juga terjadi pada perusahan lain pada segmen sabun alternatif sehingga dapat dikatakan sebagai kelemahan universal.

      3. Opportunity (Kesempatan)

        Beberapa bulan yang lalu terjadi gejolak global pada semua sektor sebagai akibat fluktuasi harga minyak dunia. Hal ini banyak mempengaruhi kestabilan pasar sabun alternatif sehingga terjadi reduksi modal pada perusahaan lain. Saat ini kondisi ekonomi mulai stabil sehingga membuka kesempatan emas bagi perusahaan baru untuk tumbuh dan berkembang. Celah lain muncul dari banyaknya komunitas dengan perekonomian kuat di kawasan perkotaan. Pada umumnya pasar sabun alternatif menyerang pada pasar pedesaan. Adanya lahan yang belum digarap dengan optimum ini akan menjadi suatu lahan pemasaran yang prosektif.

      4. Threat (Ancaman)

        Produk yang berhasil di pasaran pada umumnya akan segera diduplikasi oleh kompetitorlain yang ingin merebut pasar. Pada sistem ini akan tercipta suatu kondisi market share tertentu. Untuk dapat mengatasi ancaman ini maka dapat dilakukan pembangunan brand image secara ekspansif sehingga dapat mempertahankan peta pemasaran dan menjadi market leader di segmen pasar sabun alternatif.

      Berdasarkan analisis SWOT diatas tampak bahwa probabilitas untuk dapat bertahan di pasar penjualan cukup tinggi. Hal ini menjadi modal psikis yang kuat bagi perusahaan untuk dapat berjaya sebagai market leader.

    4. Estimasi Pangsa Pasar

      Pangsa pasar untuk segmentasi sabun alternatif pada umumnya dapat dibagi menjadi dua wilayah yakni kawasan perkotaan dan kawasan pedesaan. Secara umum kompetisi lebih ketat dikawasan pedesaan karena banyak perusahaan kompetitor yang ragu untuk bersaing dengan segmen sabun kesehatan.

      Pemasaran produk sabun transparan “Helios” dapat dibagi menjadi dua klasifikasi lahan usaha yakni:

      1. Perkotaan

        Kawasan pemasaran utama produk sabun “Helios” berada di kawasan Malang Kota. Total penduduk Malang berkisar pada 800.000 orang. Dengan asumsi kawasan Malang sebagai kawasan berkembang maka dapat diprediksi bahwa kalangan menegah keatas berkisar pada 500.000 orang. Estimasi penjualan pada tahun awal ditargetkan sebesar 5% total penduduk atau sekitar 25.000 orang. Dengan tingkat pertumbuhan pasar sebesar 25% perkuartal. Estimasi ini dikemukankan berdasarkan adanya beberapa kompetitor senior yang sudah ada di kancah promosi. Ekspansi sebesar 25% akan memberikan kepastian perkembangan modal untuk penetrasi produk ke kota lain pada tahun berikutnya. Kawasan Malang merupakan sentra pariwisata yang cukup besar sehingga kawasan pemasarannya juga meliputi hotel-hotel, pasar local, dan salon-salon kecantikan.

      2. Dunia Maya

        Pemasaran virtual dlaksanakan melalui teknologi jaringan. Website diluncurkan untuk promosi secara internasional. Website juga akan digunakan sebagai media untuk menggalang kritik dan saran dari klien sehingga akan terentuk suatu komunitas pengguna sabun “Helios” yang berguna untuk ekspansi pasar selanjutnya. Pemasaran dunia maya juaga dilaksanakan dengan bergabung pada situs jejaring sosial sehingga produk akan semakin mudah dikenal. Dengan adanya website maka akan memungkinkan untuk terbentuk rekanan bilateral dengan instansi lain di luar negri. Hal ini berguna untuk ekspansi pasar ekspor. Estimasi dari adanya pemasaran pada dunia maya akan memberikan dorongan untuk perluasan pasar sebesar 25% per kwartal dan probabilitas pemasaran ke luar negri sebesar 1%.

  2. RENCANA PEMASARAN
    1. Strategi Pasar, Penjualan, dan Distribusi

      Strategi pasar, penjualan, dan distribusi merupakan tiga hal yang sangat menentukan kesuksesan suatu usaha di pasaran. Target pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Helianth Group adalah konsumen dari tingkat menengah keatas. Sasaran ditujukan pada masyarakat umum terutama masyarakat yang sangat memperhatikan kecantikan. Penjualan produk pada awal tahun pertama peluncuran adalah 5% dari jumlah penduduk kota Malang. Selanjutnya, penjualan akan ditingkatkan sesuai dengan permintaan pasar. Distribusi penjualan ini dengan menyalurkannya ke beberapa toko kosmetik, apotek, salon-salon kecantikan, pasar lokal hingga supermarket. Pada awal peluncurannya, distribusi pemasaran ditargetkan hanya pada kawasan Malang dan sekitarnya. Kemudian dengan meningkatnya permintaan pasar maka melakukan distribusi sabun ke berbagai kota di Pulau Jawa khususnya Jawa Timur.

    2. Penetapan harga

      Harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan produk. Dalam massa krisis saat ini, harga menjadi faktor yang sangat utama bagi seseorang dalam membeli suatu produk dibandingkan dengan kualitasnya. Padahal, harga yang murah tidak menjamin kualitas produk. Dalam hal ini maka strategi penetapan harga harus sangat diperhitungkan dalam memulai suatu usaha. Strategi penetapan harga dibagi menjadi dua tahap yaitu harga perkenalan dan harga grosir serta harga retail. Pertama, penetapan harga “perkenalan” pada awal peluncuran dimaksudkan untuk menarik konsumen kemudian dilakukan kenaikan harga secara perlahan sesuai dengan respon konsumen dengan tetap mengutamakan kualitas produk. Kedua, akan diterapkan perbedaan harga grosir dan retail (harga eceran) untuk franchising produk demi meningkatkan nilai penjualan dan memenangkan kepercayaan konsumen.

    3. Periklanan dan Promosi

      Periklanan merupakan salah satu usaha promosi pengenalan produk pada masyarakat luas. Dari sisi pemasaran, aspek promosi yang sudah direncanakan sangatlah berperan. Langkah awal promosi yang dilakukan untuk menarik minat para konsumen adalah dengan membagikan sampel produk khusus promosi secara gratis. Dengan harapan masyarakat dapat mengenal dan tertarik untuk menggunakan sabun ini sebagai sabun yang multi fungsi. Sampel sabun transparan aromaterapi gratis ini diberikan kepada mahasiswa dikampus-kampus, salon-salon kecantikan, pasar local, mall dan supermarket. Sedangkan untuk meningkatkan persentase penjualan, perusahaan mengambil tindakan awal dengan cara menyebarkan iklan pada berbagai media massa mulai dari media cetak, elektronik, hingga jaringan internet mengenai produk yang dihasilkan. Dalam periklanan, perusahaan kami lebih mengutamakan segi kualitas, fungsi dan manfaatnya.

BAB IV

RISET, DESAIN DAN PENGEMBANGAN

  1. Rencana Pengembangan dan Desain

Dalam proses produksinya, PT. Helianth Group mempunyai beberapa rencana yang bertujuan untuk pengembangan usaha yang akan dilakukan, seperti :

  1. Menghasilkan produk sabun transparan aromaterapi yang berkualitas dan multi fungsi yang dapat digunakan untuk sabun mandi (sabin kecantikan) dan untuk aromaterapi.
  2. Mendirikan suatu perusahaan industri sabun transparan aromaterapi dalam skala industri kecil menengah yang kuat dalam segi keuangan melalui pengadaaan kerjasama dengan investor swasta untuk memberikan pendanaan modal bagi perusahaan
  3. Merebut 5 % dari jumlah penduduk di kota Malang dan 3 % persen persaingan dengan pasar-pasar regional dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun.
  4. Menciptakan jaringan distributor yang lebih kuat sehingga mampu menghasilkan laba yang lebih besar dan diharapkan dengan berjalannya sistem ini maka perusahaan dapat berkembang dengan cepat minimal kurang dari 1 tahun.
  5. Mendirikan suatu perusahaan industri sabun transparan yang kuat dalam sistem manegerial melalui peningkatan SDM dengan cara mengikuti pelatihan dan seminar.
  6. Mengadakan hubungan kerjasama dengan petani bunga matahari dan kapulaga serta masyarakat sekitar dalam hal penyediaan bahan baku
  7. Mengadakan suatu hubungan kerjasama dengan masyarakat di sekitar kawasan industri tempat pabrik berdiri dengan menyediakan lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Produk ini diberi “Helios” yang merupakan suatu produk sabun transparan aromaterapi yang dikemas dalam kemasan karton yang kedap air dan udara dengan pembungkus sabun bagian dalam adalah plastic. Label produk didesain semenarik mungkin guna menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Pada label produk disertai dengan informasi-informasi antara lain merk produk, perusahaan pembuat produk, alamat perusahaan pembuat produk, tanggal kadaluarsa, komposisi, cara pemakaian sabun dan aromaterapi, dan nomer perizinan dari Departemen Kesehatan.


Keunggulan dari produk sabun “Helios” adalah

  • Menggunakan bahan-bahan alami yaitu dari biji bunga matahari sebagai minyak dalam pembuatan sabun dan kapulaga sebagai pewangi alami
  • Penampilan yang transparent dan menawan
  • Lebih terasa lunak karena tidak ada alkali yang tertinggal
  • Mengandung asam linoleat/omega 6, asam oleat/omega 9, vitamin E, vitamin B kompleks (riboflavin, thiamin, niacin, biotin, folat), vitamin K, protein, fitosterol, dan berbagai mineral yang dapat menghambat penuaan dini dan mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel kulit
  • Aman dan tidak menyebabkan alergi (cocok untuk jenis kulit apapun)
  • Mempunyai fungsi pelembab
  • Dapat menghaluskan kulit
  • Mempunyai dua fungsi yaitu sebagai sabun mandi dan aromaterapi
  1. HASIL RISET TEKNIS

    Sabun “Helios” merupakan salah satu jenis sabun transparan aromaterapi yang dikembangkan karena mempunyai keunggulan yaitu kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit, lebih terasa lunak karena tidak ada alkali yang tersisa sehingga aman untuk kulit, menggunakan pewanggi alami yaitu berasal dari kapulaga, dapat melembabkan kulit, memerangi radikal bebas dan menghambat penuaan. Jika digunakan sebagai aromaterapi memiliki keunggulan yaitu penggunaan yang mudah dengan cara memanaskan sabun, mampu memberikan efek relaksasi, menghilangkan bau yang tidak sedap, menghasilkan oksigen dan menjadikan udara segar, serta mampu melembabkan dan menyegarkan kulit. Pada proses pembuatanya secara keseluruhan cukup sederhana dan menggunakan bahan baku yang mudah didapatkan. Sabun transparan aromaterapi yang dihasilkan mengandung berbagai macam manfaat jika dibandingkan dengan sabun dengan berbahan kelapa sawit. Komposisi kimia bunga matahari dan kapulaga menunjukkan bahwa kandungan minyak dan vitamin dari bunga matahari dan kapulaga lebih banyak dibandingkan dengan kelapa sawit sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi dari sabun transparan aromaterapi terrsebut.

    Komposisi biji bunga matahari per 100 gram

KOMPOSISI

BANYAKNYA

Protein

30,6 g

Lemak

42,1 g

Kalori

5,55 g

Kalsium

13,8 g

Fosfor

0,312 g

Fe

6,2 g

Vitamin C

0,02 g

Minyak

24-55 %

Komposisi kelapa sawit


Proses Pembuatan Sabun Transparan Aromaterapi

  1. Campurkan minyak biji bunga matahari dengan larutan NaOH sedikit demi sedikit diatas pemanas pada temperatur ± 60 ºC sambil terus diaduk.
  2. Setelah larutan mengental dan berwarna keruh menjadi sabun dasar, pengadukan dihentikan kemudian didinginkan.
  3. Setelah sabun dasar mengeras lalu dipotong kecil-kecil kemudian dilelehkan, setelah meleleh tambahkan secara perlahan bahan gliserin, sukrosa, trietanolamin dan alkohol.
  4. Penambahan warna dan pewangi dapat dilakukan sesuai dengan selera.
  5. Suhu pencampuran antara 95 – 100 ºC, selanjutnya didinginkan beberapa menit dan ditambahkan essensial oil (kapulaga) dan botanicool yang membantu dalam proses pemanasan ketika akan difungsikan sebagai aroma terapi
  6. Sabun siap dicetak.

Diagram Alir Pembuatan Sabun Transparan


  1. KEBUTUHAN BANTUAN RISET

    Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh PT. Helianth Group diperoleh bahwa dalam pelaksanaan kegiatan produksi sabun transparan aromaterapi pada kurun waktu tertentu (misalnya 1 bulan produksi) ternyata membutuhkan beberapa peralatan maupun bahan yang bersifat primer (utama) atau sekunder untuk membantu pengembangan riset tersebut. Misalnya mesin produksi serta peralatan produksi lainnya. Contohnya alat untuk mengekstraksi kapulaga yaitu dengan “extractor” atau ketel penyulingan dan alat penepakan otomatis yang digunakan untuk mengemas sabun sebanyak 2500 perharinya.

    Kendala dalam pembuatan sabun transparan adalah kualitas gula yang digunakan. Kualitas gula yang rendah dapat menyebabkan kejernihan/transparansi sabun kurang bagus. Untuk menghindari hal tersebut maka perusahaan ini memasok gula yang bagus dengan kualitas yang sama. Selain itu, pengaturan pemanasan dalam pembuatan sabun sangat mempengaruhi hasil sabun yang terbentuk. Pemanasan secara langsung akan membakar sabun itu sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, maka pemanasan dilakukan tidak lebih dari 800C. Pemanasan dilakukan dengan menggunakan panci double boiler dan pengaturan panas dilakukan dengan menggunakan kompor dengan temperatur yang dapat ditentukan.

  2. STRUKTUR BIAYA
  1. Analisa finansial sabun transparant aromaterapi
 
  • Asumsi jumlah penduduk di Malang
=

800.000

Jiwa
  • Asumsi jumlah penduduk tingkat menengah keatas
=

500.000

Jiwa
  • Prediksi total konsumen sabun transparan di Malang (5%)
=

25.000

Jiwa
  • Jumlah produksi sabun transparan yang diperlukan
=

48.000

Buah/tahun
  =

4000

buah/bulan
             
  • Jumlah sabun padat yang diproduksi (1 kotak= 80 gr)
=

1000

Kotak/minggu

Perhitungan Biaya

b.1 Biaya Tetap

Destilator Vakum                         4.000.000

Bejana Pencampuran                       500.000

Alat Penunjang                                500.000

Total                                           5.000.000 

Biaya Penyusutan pertahun :

Perawatan Alat Produksi 50.000


Total                                           5.050.000 


b.2 Biaya Tidak Tetap / Biaya Produksi

No.

Jenis Biaya

Biaya (Rp)

1.

Biaya Promosi dan Pemasaran Produk Triwulan

100.000

2.

Gaji 5 0rang Karyawan Per Triwulan

6.000.000

3.

Biaya Lain-lain (10 % dari nilai total)

1.115.000

  Total

7.215.000

Kebutuhan Bahan Baku        

Jenis

Jumlah/minggu

Jumlah/bln

Jumlah/triwulan

Harga/satuan(Rp)

Biaya/triwulan (Rp)

Minyak biji bunga matahari/L

20

80

240

80.000

19.200.000

Kapulaga/Kg

25

100

300

30.000

9.000.000

Total

       

28.200.000

Kebutuhan Bahan Pembantu        

Jenis

Jumlah/minggu

Jumlah/bln

Jumlah/triwulan

Harga/satuan(Rp)

Biaya/triwulan (Rp)

NaOH/Kg

2.5

10

30

20.000

600.000

Gliserin/L

40

160

480

50.000

24.000.000

Sukrosa/kg

5

20

60

5.000

300.000

Alkohol/L

10

40

120

10.000

1.200.000

Total

 

 

 

 

26.100.000

Kebutuhan Bahan Pengemas        

Jenis

Jumlah/minggu

Jumlah/bln

Jumlah/triwulan

Harga/satuan(Rp)

Biaya/triwulan (Rp)

Karton/kemasan

1000

4000

12.000

100

1.200.000

Total

       

1.200.000

Kebutuhan Air (m3)          

Jenis

Jumlah/minggu

Jumlah/bln

Jumlah/triwulan

Harga/satuan(Rp)

Biaya/triwulan (Rp)

Proses

1

4

12

4.500

54.000

Lain-lain

0.5

2

6

4.500

27.000

Total

 

 

 

 

81.000

Kebutuhan Energi          

Jenis

Jumlah/minggu

Jumlah/bln

Jumlah/triwulan

Harga/satuan(Rp)

Biaya/triwulan (Rp)

Listrik (kwh)      

250.000

750.000

Bensin (ltr)

10

40

120

4500

540.000

Total

 

 

 

 

1.290.000

           

Perhitungan (per triwulan)

Biaya tetap          : Rp 5.050.000

Biaya tidak tetap     : Rp 64.086.000

Total biaya         : Biaya tetap + Biaya tidak tetap

    : Rp 5.050.000 + Rp 64.086.000

    : Rp 69.136.000

  1. Penentuan Harga Pokok Produksi dan Harga Penjualan

    Harga Pokok Produksi (HPP)

HPP    = Total Biaya Produksi / Jumlah Produksi

        = Rp 69.136.000/ 12.000

= Rp 5761,3 / per kotak

    Harga Pokok Penjualan (HPP)

HPP    = (30% x Rp 5761.3) + HPP

        = Rp.1728.4 + Rp 5761.3

    = Rp 7489.7 / per kotak

  1. Penentuan Break Event Point (BEP)

Biaya tetap = Rp 5.050.000

Biaya tidak tetap/unit = Rp 5761,3

Harga jual = Rp 7489.7

BEP (unit)     = biaya tetap / (HJ- biaya tidak tetap/unit)

= Rp 5.050.000 / (Rp 7489.7 – Rp 5761,3 )

        = 2921.78 unit

BEP (rupiah)     = biaya tetap / (1-(biaya tidak tetap / HJ))

        = Rp 5.050.000 / (1- (Rp 5761,3/ Rp 7489.7))

        = Rp 21.883.235,94

  1. Penentuan Keuntungan Perusahaan

Kapasitas Produksi        = 1000 kotak / triwulan

Harga Jual per kotak        = Rp 7489.7

HPP per kotak            = Rp 5761,3 / per kotak

keuntungan /tahun         = (HJ-HPP)* Jumlah Produksi

                = Rp.1728.4* 12.000

                = Rp 20.740.800 / triwulan

PPh 10%             = 10% x Rp 20.740.800

                = Rp. 2.074.080

Keuntungan bersih per triwulan    = Rp. 18.666.720

  1. Penentuan Efisiensi Biaya

Total Penerimaan(Revenue)    = P x Q

                = HJ x 12.000

                = Rp 7489.7* 12.000

                    = Rp 89.876.400

Total Biaya (Cost)        = Rp 69.135.600

Efisiensi biaya            = R/C

                = Rp 89.876.400/ Rp 69.135.600

                = 1.3

Artinya, bila efisiensi biayanya lebih dari 1, maka PT. Heliant Grup yang memproduksi sabun dari biji bunga matahari layak untuk beroperasi

  1. Pengembalian Modal

a. Total Biaya                        : Rp 69.135.600

b. Keuntungan     pertriwulan                : Rp. 18.666.720

waktu pengembalian modal = total biaya        x 3 bulan

                keuntungan + depreasi

=      Rp 69.135.600         x 3 bulan

             Rp. 18.666.720 + Rp 64.086.000

= 0,83 x 3 bulan

= 2, 49 = 3 bulan

DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2009, SABUN TRANSPARAN, http://www.scribd.com/doc/11326416/Membuat-Sabun-Transparan-dirumah, diakses tanggal 7 April 2009

Anonim, 2008, PERKEMBANGAN KONSUMEN SABUN DI INDONESIA, http://www.petralibrary.ac.id/jiunkpe/s1/eman/2000/jiunkpe-ns-s1-2000-31496048-688-merk_sabun-chapter1.pdf, diakses tanggal 7 April 2009

Anonim, 2008, AROMATERAPI SESUAI DENGAN JENIS KULIT, http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/06/16180840/aromaterapi.sesuai.jenis.kulit, diakses tanggal 7 April 2009

Anonim, 2009, KAPULAGA, http://wikipedia/Kapulaga/, diakses tanggal 8 April 2009

Anonim, 2009, BUNGA MATAHARI, http://wikipedia/Bunga-Matahari/, diakses tanggal 8 April 2009

Izhar, Hence, ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT SABUN MANDI, http://lifestyle.analysize.com/index.php/ReadStory/2008/07/30/ 195/132413/analisis-sabun-mandi-di-kota-malang, diakses tanggal 10 April 2009

Kemala, Mutia, 2008, MINYAK BIJI BUNGA MATAHARI, http://mutiakemalafarida.blog.com/minyak-biji-bunga-matahari/, diakses tanggal 7 April 2009

Kemala, Mutia, 2008, MINYAK ATSIRI, http://mutiakemalafarida.blog.com/atsiri/, diakses tanggal 7 April 2009

About these ads

8 responses

  1. dina ambawarsa pertiwi

    saya suka daengan produk yang bapak /i ibu keluarkan bapak /ibu saya ingin bertanya ,tapi apa produk yang bapak / ibu keluarkan hanya di kota malang saja? mugkin itu saja pertanyaan dari saya .sekan dan terima kasih .

    17 November 2011 pukul 08:43

  2. koming

    sangat bagus
    terimakasih-terimakasih-terimakasih

    25 Desember 2011 pukul 05:56

  3. Johanes Doni

    sya ingin berbisnis dengan pihak anda tentang sbun tersebut tapi sya tidak tahu untuk menghubungi siapa yang berhak untuk mengatur atau yang menjadi atasan dari perusahaan tersebut jadi tlg bantua saya ya………………

    17 Januari 2012 pukul 08:02

  4. Johanes Doni

    asala sya dari flores propinsi nusa tenggara timur saya ingin mengembangkan sabun tersebut di sini

    17 Januari 2012 pukul 08:04

  5. Mudji Wahono

    atas nama komunitas IKM/UKM PASINDO sy sangat tertarik perlu dipelajari krn kami juga punya PROGRAM bangun home industri sabun mandi, Untuk bisnis kecil2an untuk anggota kami 312 orang,namun sy ingin tau apa saat ini perusahaan bapak sudah produksi?apa berkenan kami pesan dibuatkan sabun mandi jenis biasa/umum 125 g / biji tanpa merk, tanpa kemasan harga berapa, apabila jodo pesanan kami 1 hari 1 konterner 20 vit. trim dari Pasindo Pasuruan Jatim ( mudji Wahjono email mudjipasindo@yahoo.co.id

    22 Maret 2012 pukul 23:29

  6. ina

    sangat menarik tapi kami cuma punya minyak kapulaga ada 50 liter, bisa masuk ke situ ?

    19 Juni 2012 pukul 22:42

  7. anang

    inspiring

    3 Januari 2013 pukul 14:14

  8. eby

    kalo ingin pesan di wilayah malang caranya gmn??

    2 April 2013 pukul 14:57

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

Pos-pos Terakhir

Mohon maaf jika artikel yang di sajikan berasal dari banyak sumber, sumber yang masih utuh saya tampilkan sumber aslinya, tapi seringkali saya lupa, mohon di maafkan. saya coba perbaiki terus kualitas dan kuantitas blog ini.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: